//24/01/17 – Keberhargaan anggota kerajaan Allah

24/01/17 – Keberhargaan anggota kerajaan Allah

Selasa, 24/01/2017

KEBERHARGAAN ANGGOTA KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

MATIUS 11:11-13

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang terjadi pada Kerajaan Allah sejak tampilnya Yohanes hingga waktu itu? (ay. 13).Sampai kapankah semua nabi dan kitab Taurat bernubuat? (ay. 14)

2. Siapakah yang tidak pernah lebih besar dari Yohanes Pembaptis? Tetapi, siapakah yang lebih besar dari Yohanes Pembaptis? (ay. 12)

 

PENGAJARAN:

Sejak tampilnya Yohanes hingga waktu itu Kerajaan Allah diserong dan orang-orang berdesakan memasukinya. Mengapa? Karena nabi-nabi dan kitab Taurat bernubuat sampai zaman tampilnya Yohanes Pembaptis. Artinya dari zaman Perjanjian Lama,Kerajaan Allah belumlah dinyatakan. tetapi sejak Yohanes Pembaptis,Kerajaan Allah diberitakan dan orang-orang yang mendengarnya berusaha memasukinya. Orang-orang yang melihat Kerajaan Allah ingin memasukinya, sehingga mereka BERDESAKAN dan meyerongnya (merampasnya).

Mengapa orang-orang bergairah untuk MERAMPAS KERAJAAN ALLAH? Sebabnya adalah karena Kerajaan Allah itu begitu Agung dan Mulia. Yesus menjelaskan bahwa diantara orang-orang yang pernah lahir dari seorang perempuan, tidak ada yang lebih besar dari Yohanes Pembaptis. Mengapa? Ingat Yohanes Pembaptis adalah orang yang paling dekat dengan Kerajaan Allah. Boleh dikatakan bahwa dia tepat berada didepan pintu gerbang Kerajaan Allah.

Orang-orang yang hidup di dalam Perjanjian Lama belum pernah sedekat itu dengan Kerajaan Allah, mereka hanya melihatnya dari jauh.Tetapi, Yohanes berada paling dekat, bahkan yang lebih hebat lagi adalah Yohanes Pembaptislah yang membaptis sang Raja itu. Jadi, siapa saja yang lahir dari wanita: Abraham, Musa, Daud, Einstein dan sebagainya tidak ada yang lebih besar dari Yohanes Pembaptis. Namun penyataan Yesus yang selanjutnya membuat kita terkejut, sebab kemudian Dia berkata bahwa YANG TERKECIL dalam Kerajaan Allah LEBIH BESAR dari pada Yohanes Pembaptis.

Siapa yang dimaksud oleh Yesus? Ada yang berkata bahwa yang terkecil itu adalah Yesus. Itu aneh sekali,karena bagaimana mungkin Raja dalam Kerajaan Allah adalah yang terkecil? Ingat, orang-orang yang dimaksud adalah orang-orang yang sudah ada “di dalam Kerajaan Allah.” Berati mereka adalah orang-orang yang sudah lahir baru, dan masuk ke dalam Kerajaan Allah. Lalu siapakah orang-orang yang TERKECIL ini? Orang-orang terkecil ini adalah orang-orang yang oleh dunia dianggap TIDAK BERHARGA.

Misalnya: orang yang cacat, berstatus sosial rendah, berwarna kulit yang dianggap jelek, “berkasta rendah” dan sebagainya, tetapi bila mereka telah lahir baru dan masuk kedalam Kerajaan Allah,mereka LEBIH BESAR DARI YOHANES PEMBAPTIS.Haleluya. Jika kita mengerti status kita yang begitu mulia dan berharga dalam Kerajaan Allah, kita tidak lagi hidup dengan rendah diri, minder, malu dan sebagainya.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:23:50+07:00