//24/10/12 – Tuhan yang mahatahu pasti memberikan solusi yang terbaik

24/10/12 – Tuhan yang mahatahu pasti memberikan solusi yang terbaik

Rabu, 24/10/2012

TUHAN YANG MAHATAHU PASTI MEMBERIKAN SOLUSI YANG TERBAIK

Bacaan Firman :
Bacalah I Tawarikh 14:8-17 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan.
1. Ketika menghadapi musuh, hal apakah yang dilakukan oleh Daud? (ayat 10, 14-15).
2. Apa tindakan Daud untuk meresponi solusi terbaik yang diberikan oleh Tuhan? (ayat 16-17).

Hal yang paling ditakutkan oleh seseorang adalah hidup dalam keadaan perang. Mengapa? Karena peperangan pasti berakibat buruk yakni kematian. Dan di dalam Perjanjian Lama, hukum yang berlaku adalah orang yang kalah pasti dibunuh atau dijadikan tawanan oleh musuh. Jadi, Daud mengetahui hal ini dengan baik. Untuk itulah, Daud mencari solusi yang terbaik dari Tuhan dengan cara selalu bertanya kepada Tuhan. Pada awalnya, Daud memenangkan peperangan terhadap musuh yang ia hadapi. Tapi, Daud tidak memakai pengalaman dari kemenangan yang pertama untuk maju berperang dengan musuh-musuhnya. Ia masih tetap bertanya kepada Tuhan. Herannya, Tuhan yang mahatahu itu memiliki solusi terbaik bagi Daud yang tidak mungkin didapat oleh Daud dari tempat lain. Dikatakan, “Ketika orang Filistin menyerbu sekali lagi di lembah itu, maka bertanyalah lagi Daud kepada Allah, lalu Allah menjawab: ‘Janganlah maju di belakang mereka, tetapi buatlah gerakan lingkaran terhadap mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau. Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau keluar bertempur, sebab Allah telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin,'”(ayat 13-15).

Luar biasa. Daud tidak mengandalkan diri pada pengalaman masa lalu. Ia masih bertanya dan Tuhan memberikan kepadanya solusi yang terbaik. Hasil peperangan itu digambarkan dengan kata-kata indah, “Allah telah menerobos musuhku dengan perantaraanku seperti air menerobos,” (ayat 11). Jadi, Daud berbuat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya dan ia memukul kalah tentara musuh. Itulah sebabnya, nama Daud makin termasyhur di segala negeri. Hasil luar biasa yang lain adalah TUHAN mendatangkan rasa takut kepada Daud atas segala bangsa. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda masih bertanya kepada Tuhan untuk menyelesaikan masalah-masalah Anda atau Anda mengandalkan pengalaman Anda dimasa lalu?

Praktek
Seberapa besar masalah Anda hari ini? Masihkah Anda bertanya kepada Tuhan untuk menemukan solusinya? Mulai hari ini bertanyalah kepada Tuhan untuk setiap masalah Anda, karena Dia adalah pemberi solusi yang terbaik.

2012-09-28T09:47:54+00:00