//24/12/13 – Cinta yang menghanguskan

24/12/13 – Cinta yang menghanguskan

Selasa, 24 Desember 2013

CINTA YANG MENGHANGUSKAN

Bacaan Firman
Bacalah Yohanes 2:13-21 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang dilakukan oleh Yesus ketika Ia mengunjungi bait suci? (ayat 13-16). Mengapa Yesus bertindak seperti yang tertulis itu? (ayat 17).
2. Apa respon orang-orang Yahudi? Apa kata Yesus kepada orang-orang Yahudi? (ayat 18-21)

Pernahkah hati Anda dihanguskan oleh sesuatu? Satu-satunya hal yang menghanguskan hati Yesus adalah melihat kondisi bait Allah. Ketika Kristus datang ke dunia ini, Ia begitu “hancur hati” melihat keadaan Bait Allah. Kisah ini ditulis oleh Yohanes untuk menyatakan kepada kita, seperti apa isi hati Tuhan atas rumahNya. Dalam hati Tuhan, tidak ada hal yang lebih penting dan berharga selain rumahNya. Dalam kekekalan, Tuhan telah merindukan agar rumahNya terwujud di bumi ini seperti di surga. Rumah Tuhan adalah pusat dari segala maksud Allah di segala zaman. Manusia, malaikat, dan semua ciptaan di bumi diciptakan untuk mendukung terwujudnya rumah Tuhan. Itulah sebabnya, ketika Kristus Yesus datang ke dalam dunia, hatinya digerakkan sepenuhnya oleh kerinduan untuk melihat rumah kediamanNya terwujud di muka bumi. Oleh sebab itu, Yesus mengadakan penyucian bait Allah, sebagai berita dan tindakan profetik tentang kepedulianNya atas rumahNya. Cinta untuk rumahNya menghanguskan Dia. Bagaimana dengan kita? Apakah hidup kita digerakkan oleh cinta kita akan rumahNya? Apakah kita juga dihanguskan oleh cinta untuk rumahNya?

Praktek
1. Renungkanlah betapa pentingnya visi rumah Tuhan bagi Anda sebagai murid-murid Kristus. Berdoalah agar kehidupan Anda digerakkan oleh cinta Anda akan rumahNya.
2. Renungkan berulang-ulang Mazmur 84:2-3. Doakan agar ayat ini terjadi dalam hidup Anda.

2013-11-23T03:23:46+07:00