25/03/19

Senin, 25/3/2019

  • Bacaan: 1 Samuel 14-16; Ibrani 13; Yakobus 1
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Yakobus 1:19-27

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Surat Yakobus ditujukan kepada semua umat Allah. Dengan berbagai peribahasa, Yakobus memberikan sejumlah petunjuk dan nasihat praktis bagi orang Kristen untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ia menguraikan berbagai pokok tentang kekayaan, kemiskinan, godaan, kelakuan baik, prasangka, perbuatan, iman, ucapan mulut, doa, kesabaran, pertengkaran, keangkuhan, kerendahan hati, menyalahkan orang dan membual. Selain itu, Yakobus memberikan peringatan serius: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. Kita dinasihati untuk menjadi pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja. Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ini berarti ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya. Maka, kita harus menjadi pelaku Firman Tuhan.

2019-10-12T09:46:04+07:00