//25/01/14 – 3 Sidang jemaat teladan (2)

25/01/14 – 3 Sidang jemaat teladan (2)

Sabtu, 25 Januari 2014

3 SIDANG JEMAAT TELADAN – 2. ANTIOKHIA

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 11:19-30; 12:24-25; 13:1-3; 14:21-28; 15:35-41; 18:22 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa ciri-ciri Sidang Jemaat Antiokhia?
2. Perkembangan apa yang terjadi dalam kepemimpinan jemaat Antiokhia?

Jemaat Antiokhia didirikan atas dasar menjadi gereja misioner kepada bangsa-bangsa. Awal pelayanan di Antiokhia adalah kegerakan rohani yang merupakan hasil dari orang-orang percaya, pengungsi-pengungsi yang dianiayai di Yerusalem. Kemudian, Barnabas dan Paulus menjadi kedua penatua yang memimpin jemaat. Barnabas memiliki karunia sebagai nabi dan Paulus sebagai seorang pengajar. Mereka membimbing tiga orang lain, Simeon, Lukius dan Menahem sehingga ada lima dalam kepenatuaan. Lalu, Roh Kudus memanggil Paulus dan Barnabas sebagai tim apostolik untuk berangkat dalam perjalanan keliling. Selama dua tahun, mereka melayani jiwa-jiwa baru, membuka ladang-ladang baru dan mendirikan jemaat-jemaat. Di semua jemaat, mereka menetapkan para penatua sebagai pemimpin-pemimpin jemaat. Sekarang kita melihat tim-tim apostolik untuk pertama kali melakukan misi penginjilan dan sekaligus mendirikan jemaat baru, serta menetapkan para penatua di tiap-tip jemaat. Dari Antiokhia Paulus melakukan tiga perjalanan apostolik dengan membawa tim-tim besertanya. Demikian pula dengan Barnabas, kita melihat ia melakukan yang sama dengan tim-tim yang lain. Injil sekarang sudah menyebar sampai ke Eropa dan seluruh dunia mulai dijangkau. Selama masa pelayanan itu, Antiokhia tetap “rumah rohani” Paulus dan Barnabas. Mereka bukan lagi penatua yang menetap di Antiokhia, tetapi penatua yang sudah dibebaskan untuk pelayanan sebagai 5 Jawatan atau tim apostolik.

Praktek
Fahamilah bahwa adalah tidak sehat untuk gereja Tuhan jika pelayan-pelayan apostolik dicekik dan tidak bebas melakukan pelayanan keliling. Besok di ibadah, perhatikan para pelayan dan hargailah perbedaannya. Ada lokal yang selalu bersamamu, yaitu penatua-penatua lokal yang melayani dan menggembalakan Anda. Ada pula pelayan-pelayan yang dipanggil dalam tim apostolik dan karena itu harus melayani bagian-bagian lain dalam Tubuh Kristus. Temui dan doakan mereka. Mereka memerlukan dukungan doamu!

2013-12-17T04:34:32+07:00