//25/01/17 – Kedatangan kerajaan Allah

25/01/17 – Kedatangan kerajaan Allah

Rabu, 25/01/2017

KEDATANGAN KERAJAAN ALLAH

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

MATIUS 12:22-30

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apakah tanggapan orang-orang Farisi ketika Yesus mengusir setan dari orang yang kerasukan?Apa yang mereka tuduhkan kepada Yesus? (ay. 22-24)

2. Apakah jawaban Yesus untuk menangkal tuduhan itu? Prinsip apakah tentang kerajaan yang dinyatakan Yesus? (ay. 25-27)

3. Apakah hubungan kedatangan Kerajaan Allah dengan pengusiran setan dan kesembuhan ilahi? (ay. 28) Bagaimanakah Yesus sebagai “orang yang lebih kuat” merampas/merampok isi rumah dari “orang kuat” yang menjaganya? (ay. 29-30; baca juga Luk. 11:21-23)

 

PENGAJARAN:

Ternyata, ada orang tuli dan buta yang disebabkan oleh kerasukan setan. Tuhan Yesus menyembuhkan orang sakit dengan mengusir setan. Orang-orang Yahudi yang sedang menantikan datangnya ANAK DAUD (Mesias) menyangka bahwa Yesus kemungkinan adalah ANAK DAUD. Namun, orang Farisi menuduh Yesus mengusir Setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan. Untuk menangkal tuduhan itu, Yesus menjelaskan PRINSIP-PRINSIP DALAM SEBUAH KERAJAAN. Sebuah kerajaan tidak boleh terpecah-pecah melawan dirinya sendiri. Bila anggota kerajaan menghancurkan sesama anggota kerajaan, ia melawan DIRINYA SENDIRI. Mengapa? Karena sebuah kerajaan adalah sebuah KOMUNITAS KESATUAN seperti organism/tubuh.

Demikian pula denganKerajaan Allah. Kerajaan yang anggotanya tidak sehati,sepakat, dan sinergi bukan hanya tidak dapat memanifestasikan kuasa Kerajaan Allah, tetapi TIDAK DAPAT BERTAHAN. Kemudian, Yesus mengajar tentang prinsip datangnya Kerajaan Allah. Allah Bapa dalam Kerajaan Surga mengutus Yesus sebagai Rasul (Apostolos) untuk menghancurkan kuasa kegelapan di dunia, sehingga Kerajaan Allah datang ke bumi.

Ini adalah seperti zaman dahulu kala, ketika ekklesia dari seorang raja mengutus para Jenderal yang disebut apostolos untuk mengalahkan tentara musuh dan menghadirkan kerajaannya di suatu daerah. Jadi,Kerajaan Allahharus hadir dan diperluas bila setan diusir, penyakit disembuhkan, Injil diberitakan, orang-orang yang hidup dalam kerajaan gelap telah dibebaskan dari kuasa kegelapan dan dipindahkan kedalam Kerajaan Allah.

Yesus menjelaskan bahwa apabila ORANG KUAT yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya, amanlah segala miliknya. Ini berbicara tentang area-area yang dijaga (dilindungi) oleh KUASA KEGELAPAN,yang tidak akan dapat dimenangkan. Namun, bila ORANG YANG LEBIH KUAT yaitu YESUS menyerang dan mengalahkannya, ia merampas perlengkapan senjata yang diandalkannya dan membagikan merampasannya.

Di zaman sekarang, siapakah ORANG YANG LEBIH KUAT? Yesus pribadi yang datang sebagai manusia sudah mati dan bangkit, sekarang Yesus adalah YESUS KORPORAT yaitu Yesus dengan tubuhNya. Jadi, orang yang lebih kuat adalah YESUS DAN EKKLESIA-NYA yang berperang melawan kerajaan kegelapan. Hanya ada dua kelompok manusia tidak ada yang netral: Yang bersama Yesus (anggota Tubuh Kristus) MENGUMPULKAN (melepaskan orang dari kuasa kegelapan dan mengumpulkannya sebagai anggota Tubuh Kristus), atau yang tidak bersama Yesus (bukan Tubuh Kristus) pasti dipihak musuh yang MENCERAIBERAIKAN.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:23:45+07:00