26/03/19

Selasa, 26/3/2019

  • Bacaan: 1 Samuel 17- 19; Yakobus 2-3
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Samuel 17:40-58

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Hidup memang bisa saja sederhana, tetapi iman yang dihidupi benar-benar berdampak. Perhatikan Daud, yang hidup dari imannya kepada Allah. Ia tidak termakan perkataan Goliat dan tidak terluka hatinya ketika Goliat merendahkan dirinya. Daud bahkan menantang Goliat, “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.” Inilah kunci kemenangan Daud, ia datang bukan dengan kuat dan gagahnya tetapi dengan nama Tuhan, Allah yang ia yakini bahwa akan memberi kemenangan bagi orang-orang yang berseru kepada-Nya. Daud pun menang.

2019-10-12T09:45:38+07:00