26/04/19

Jumat, 26/4/2019

  • Bacaan: 1 Tawarikh 8-10; Matius 21-22
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Tawarikh 10:1-14

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Dosa yang dilakukan oleh Saul membawa petaka bagi seluruh bangsa. Ditulis, “Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi. Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: ‘Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.’ Para pegawainya menjawab dia: ‘Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah,’” (1 Sam. 28:6-7). Saul sudah berlaku tidak setia kepada Tuhan dan tidak bertobat akan dosanya. Akibat dosanya itu membunuh seluruh bangsa: Saul mati, pembawa senjatanya pun mati, ketiga anak Saul dan segenap keluarga pun semuanya mati. Seluruh tentara Israel melarikan diri meninggalkan kota-kota mereka. Jika kita telah berdosa, seharusnya cepatlah bertobat dan berbalik kepada Tuhan agar mendapat pengampunan. Jika tidak, akibat yang lebih besar bisa terjadi pada keluarga dan seluruh masyarakat.

2019-10-12T09:35:13+07:00