//26/01/14 – 3 sidang jemaat teladan (3)

26/01/14 – 3 sidang jemaat teladan (3)

Minggu, 26 Januari 2014

3 SIDANG JEMAAT TELADAN – 3. EFESUS

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 18:24-28; 19:1-40; 20:17-38 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa ciri-ciri Sidang Jemaat Efesus?
2. Perkembangan apa yang terjadi dalam kepemimpinan jemaat Antiokhia?

Jemaat Efesus didirikan atas dasar menjadi gereja teladan sebagai jemaat yang paling lengkap dalam sejarah gereja mula-mula. Di dalam Perjanjian Baru Sidang Jemaat Efesus menjadi gereja teladan di mana pola atau blueprint gereja paling lengkap diletakkan dalam gereja mula-mula. Semua jemaat Perjanjian Baru memberi ilhaman tentang berbagai bagian blueprint Tuhan. Namun, di Efesuslah kita melihat gambar struktur Ilahi yang terlengkap berfungsi di dalam jemaat lokal. Efesus merupakan mahkota pelayanan Rasul Paulus dan pola Efesus menunjukkan kepada seluruh Tubuh Kristus, bagaimana maksud abadi Allah dapat digenapi dan bagaimana kita boleh membawa Injil kepada setiap orang dalam kawasan kita untuk penggenapan Amanat Agung. Kasih mula-mula mempunyai beberapa fokus secara khusus, yang menunjukkan tiga arah kasih, yaitu, UP (kasih untuk Yesus), IN (kasih untuk sesama dalam Tubuh Kristus) dan OUT (kasih untuk jiwa-jiwa yang belum kenal Yesus). Kasih itulah yang mendorong jemaat Efesus untuk menggenapi Amanat Agung dengan membawa Injil kepada setiap orang di seluruh Asia Kecil dalam waktu dua tahun (Kisah Para Rasul 19:9-10). Pada zaman itu, jemaat Efesus adalah kantong kulit baru yang benar-benar penuh dengan air anggur baru, sehingga dengan kasih mula-mula mereka memenangkan bangsanya untuk Kerajaan Allah.

Praktek
Kalau Anda belum praktekkan ketiga arah kasih ini, UP (ke atas), IN (ke dalam) dan OUT (ke luar), mulailah hari ini. Inilah bagian imamat rajani. Bawa korban syukur yang penuh kasih kepada Yesus (UP). Layani teman one on one dengan kasih Kristus (IN) dan berkati dia. Saksikan kebaikan dan kasih Yesus kepada seorang teman yang belum kenal Yesus (OUT). Dengan demikian kasih Allah akan mengalir di dalam hidup Anda!

2013-12-17T04:35:42+07:00