//26/01/17 – 4 macam tanah hati

26/01/17 – 4 macam tanah hati

Kamis, 26/01/2017

EMPAT MACAM TANAH HATI

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

MATIUS 13:1-23

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang banyak “diucapkan” oleh Yesus kepada orang banyak? Bacalah perumpamaan yang Yesus katakan beberapa kali. (ay. 1-10)

2. Kepada siapakah dikaruniakan rahasia Kerajaan Allah? Bagaimana cara menjadi orang yang dapat terus menerus dipercayakan rahasia Kerajaan Allah itu? (ay. 11-17)

3. Renungkan arti perumpamaan penabur: Bagaimana cara agar kita tidak seperti ke 3 jenis tanah yang pertama, tetapi menjadi tanah yang baik dan menghasilkan buah? (ay. 18-23)

 

PENGAJARAN:

Kepada orang banyak Yesus mengucapkan banyak perumpamaan, tetapi kepada murid-muridNyaIa memberikan karunia untuk MENGETAHUI RAHASIA KERAJAAN ALLAH. Kita harus setia dan bertekun untuk merenungkan, mempraktikkan, mengajar orang lain tentang rahasia Kerajaan Allah, sehingga diberi lagi.Tapi,jika kita tidak setia, apa yang pernah kita dapatkan akan diambil dari kita. Perumpamaan penabur adalah perumpamaan yang sangat penting, yang menjadi PENGAJARAN SENTRAL, tentang BAGAIMANA BERBUAH DALAM KERAJAAN ALLAH.Marilah kita melihat mengapa ketiga tanah yang pertama tidak menghasilkan buah?

1. Tanah pinggir jalan tidak berbuah, karena ini adalah “tanah antara”, yaitu antara jalan dan ladang atau tanah TROTOAR. Ini berbicara tentang HATI YANG TIDAK FOKUS, atau disebut ORANG YANG MENDUA HATI (Yak. 1:6-8). Ketika BENIH itu jatuh ke tanah hati yang tidak terfokus, dikatakan bahwa orang itu TIDAK MENGERTI FIRMAN TENTANG KERAJAAN ALLAH. Jadi, benih itu adalah Firman tentang Kerajaan Allah. Orang yang tidak mengerti tentang Kerajaan Allah tidak mungkin berbuah.

2. Tanah berbatu adalah yang menerima Firman Kerajaan sebagai PENGETAHUAN OTAK SAJA. Firman Kerajaan tidak BERAKAR DALAM. Artinya, firman tersebut tidak menjadi PENCERAHAN YANG DITANAM DI MEMORI BAWAH SADARdan membawa perubahan pada kehidupan.

3. Tanah semak duri adalah orang yang di hatinya masih banyak tumbuh pikiran-pikiran berdosa/duniawi dan luka-luka masa lalu yang menghambat FIRMAN KERAJAAN ALLAH BERKEMBANG MENJADI BUAH YANG MATANG.

4. Tanah hati yang baik. Tanah hati yang baik pasti berbuah banyak.Apakah tanah yang baik itu? Tanah yang baik adalah hati yang tidak seperti ketiga jenis hati yang sebelumnya. Ketika tanah hati yang baik ditanami dengan Firman Kerajaan, tanah hati itu pasti menghasilkan buah 30 kali,60 kali,dan 100 kali.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:23:39+07:00