//26/05/16 – Melihat tanpa menikmati

26/05/16 – Melihat tanpa menikmati

Kamis, 26/05/16

MELIHAT TANPA MENIKMATI

 

M1 – Membaca firman di hadirat Kristus

2 Raja-Raja 7:1-20

 

M2 – Merenungkan firman di hadirat Kristus

1. Apa janji Tuhan tentang mujizat? (ay.1)

2. Apa ungkapan ketidakpercayaan perwira raja pada Tuhan dan Elisa? Apa tanggapan Elisa terhadap sindiran tersebut? (ay. 2)

3. Apa tindakan Tuhan untuk mewujudkan janjiNya kepada Elisa? (ay. 6-7)

4. Apa mujizat penggenapan janji Tuhan? Apa yang terjadi pada perwira yang melihat namun tidak menikmati itu? (ay. 16-18 dan 19-20)

 

Tuhan selalu menjanjikan mujizat bagi orang Israel, karena Ia mengasihi umatNya. Bila seseorang tidak percaya akan janji Tuhan, ia tidak akan menikmati mujizat ketika hal itu terjadi. Perwira yang mendampingi raja merasa gengsi (sombong) untuk merendahkan diri kepada Tuhan dan memercayai firman Tuhan. Ia justru menantang Tuhan dengan kata-kata, “Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?” Ia lupa bahwa Allah selalu menentang orang yang sombong tetapi mengasihani orang yang rendah hati. Itu sebabnya, Elisa membalas dengan perkataan yang lebih pedas, “Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya.” Tuhan berkuasa untuk menggenapi janji-Nya, tetapi orang yang sombong dan menantang Tuhan tidak akan menikmati janji Tuhan tersebut bila tergenapi.

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2016-04-22T02:48:49+07:00