//26/07/13 – Surat Kristus

26/07/13 – Surat Kristus

Jumat, 26/07/2013

SURAT KRISTUS

Bacaan Firman
Bacalah 2 Korintus 3:1-18 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa pendapat Paulus tentang jemaat korintus yang ia layani? (ayat 2-3).
2. Seperti apa gambaran yang diberikan Paulus tentang kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh?(Ayat 7-9).

Tuhan memberikan 10 Hukum Taurat kepada bangsa Israel melalui Musa. Tetapi Hukum Taurat adalah hukum yang tertulis di loh batu, dan Bangsa Israel selalu gagal memenuhinya. Hal ini berbeda dengan kita sebagai Israel rohani, di mana Tuhan menaruh hukum-hukumnya dalam batin kita dan menuliskannya dalam hati kita (Yeresmia 31:33, Yehezkiel 11:19-20, 36:25-27). Jadi, hukum Tuhan yang telah tertulis di dalam hati nurani kita membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Hukum yang tertulis dalam hati kita inilah yang membuat kita taat kepada kehendak Tuhan. Mengapa? Karena Roh Tuhan menyucikan kita dari segala kenajisan kita dan menjadikan kita seorang pribadi yang benar. Roh Tuhanlah menyanggupkan kita untuk hidup menurut segala ketetapan Tuhan dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan itu serta dapat melakukannya dengan benar. Itulah sebabnya kita tidak boleh mengandalkan kekuatan kita untuk mentaati kehendak Tuhan. Bangsa Israel gagal melakukan Hukum Taurat dengan kekuatan manusia.

Paulus berkata, “Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah. Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan,”(ayat 5-6). Karena hukum yang tertulis di dalam roh kita itu menghidupkan, maka kita seharusnya berjalan dalam pimpinan Roh Kudus. Ketika kita membiarkan Roh Kudus untuk memimpin hidup kita, ada jaminan “Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh!,”(ayat 7-8). Rindukah Anda untuk menjadi surat Kristus yang dapat dilihat dan dibaca oleh semua orang?

Praktek.
Pencerahan apa yang Anda dapat dari renungan ini? Apa bedanya ketika Anda melakukan hukum Tuhan dengan kekuatan sendiri dibanding dengan kekuatan Roh Tuhan? Apa komitmen Anda?

2019-10-09T11:02:49+07:00