//26/10/13 – Melakukan pekerjaan apostolik

26/10/13 – Melakukan pekerjaan apostolik

Sabtu, 26 Oktober 2013

MELAKUKAN PEKERJAAN APOSTOLIK

Bacaan Firman
Bacalah Yohanes 14:10-12; Lukas 4:18-19 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Bagaimana hubungan Yesus dengan Bapa? Siapa yang melakukan pekerjaan Bapa di dalam Yesus? (Yoh. 14:10). Apa yang diinginkan oleh Tuhan untuk kita percayai? (Yoh. 14:11).
2. Apa yang terjadi pada orang yang percaya Yesus? (Yoh.14:12). Apa pekerjaan Bapa (apostolik) itu? (Luk 4:18-19).

Tidak semua orang diberi jawatan rasul, namun kita bisa melakukan pekerjaan apostolik atau misi. Siapa yang percaya Kristus bisa melakukan pekerjaan Bapa yang mengutus Yesus, bahkan pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Mengapa? “Sebab Yesus pergi kepada Bapa.” Sesudah Yesus pergi kepada Bapa, Roh Kudus dicurahkan untuk membentuk tubuh Kristus (1 Kor 12:13). Sejak itu, Yesus tidak sendirian melakukan pekerjaan Bapa. Ia melakukan pekerjaan Bapa bersama anggota tubuhNya. Sekarang Yesus bukan lagi sebagai pribadi, tapi telah menjadi Yesus korporat. Pekerjaan Yesus korporat lebih besar daripada pekerjaan Yesus pribadi. Dulu, ketika Yesus pribadi berada di bumi, Ia dibatasi oleh tempat dan waktu, tetapi sekarang Yesus korporat bisa berada di berbagai tempat dalam waktu yang sama.
Apa pekerjaan Bapa atau apostolik? Lukas 4:18, mencatat kata-kata Yesus, “…dan Ia telah mengutus (apostello) Aku untuk …” Yesus diutus untuk melakukan pekerjaan Bapa. Pekerjaan-pekerjaan apostolik adalah:
(1). Penginjilan, “untuk menyampaikan kabar baik.”
(2). Pengajaran firman, “untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan.”
(3). Profetik, “penglihatan bagi orang-orang buta.”
(4). Penggembalaan, “untuk membebaskan orang-orang yang tertindas.”
(5). Pemberitahuan apostolik, “memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Ini 5 pekerjaan Bapa yang harus didemontrasikan oleh Yesus korporat. Lukas 4:18-19 adalah penggenapan Yesaya 61:1-11, yakni nubuat tentang Mesias, utusan Allah ke dunia. Itu yang disebut tahun Yobel/ tahun rahmat Tuhan atau “tahun apostolik.” Ini adalah pemulihan pekerjaan apostolik untuk menjadi pembangun rumah Tuhan di kota-kota dan bangsa-bangsa. Kristus diutus untuk membangun kita, kita diutus untuk membangun orang lain.

Praktek
Teruslah mempraktekkan gaya hidup utusan Bapa yang dalam melakukan pekerjaan Bapa, yaitu: penginjilan (beritakan injil), pengajaran (ajarkan kebenaran firman yang memerdekakan), profetik (membuka mata rohani untuk melihat Allah dan visiNya), penggembalaan (menyembuhkan hati orang-orang yang terluka), dan pemberitahuan apostolik (memberitahukan datangnya Yesus sebagai utusan Bapa).

2013-09-26T03:25:29+07:00