//26/11/18 – Babel besar dan binatang Kristus

26/11/18 – Babel besar dan binatang Kristus

Senin, 26/11/2018

BABEL BESAR DAN BINATANG ANTIKRISTUS

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus
Wahyu 17:1 – 18:24

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus
1. Bacalah pasal 17-18 untuk memperoleh gambaran lengkap. Mengapa nama pelacur itu adalah Babel besar dan ibu dari segala kekejian bumi? (ay. 5)
2. Mengapa ayat 9 memberi jaminan kepada kita “Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat”? Dalam ayat 14, Babel berperang melawan Anak Domba. Menurut Anda, siapakah yang memenangkan peperangan?
3. Menurut ayat 18:2, apa seruan malaikat tentang Babel besar itu? Rindukah Anda membangun keintiman dengan Tuhan untuk menyaksikan kemenangan ini?

Pengajaran
Perempuan tersebut ternyata menurut Wahyu 17:18 adalah sebuah kota besar yang memerintah atas raja-raja. Kota itu adalah pusat agama Babel yang disegani oleh raja-raja yang memeluk agama tersebut. Kota itu adalah kota besar yang kaya, terletak di padang gurun, tidak jauh dari laut, disebut Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian di bumi. Perempuan itu duduk di atas seekor binatang berkepala 7 dan bertanduk 10. Siapakah binatang itu? Dialah Antikristus yang akan keluar dari jurang maut di kota besar Babel tersebut. Orang-orang yang namanya tidak tertulis dalam kitab kehidupan (orang tidak percaya) akan menjadi heran dan terpesona dengan Antikristus. Namun, kita orang-orang pilihan tidak akan terpesona dan tertipu, karena melalui Rasul Yohanes kita akan diberitahukan rahasia perempuan itu (agama Babel) dan rahasia binatang itu (Antikristus). Tentu ada banyak tafsiran tentang siapakah pribadi Antikristus dan manakah/apakah agama Babel tersebut. Namun dengan melihat penggenapan nubuatan-nubuatan di akhir zaman, kita akan semakin jelas mengerti manakah/apakah agama Babel dan siapakah pribadi Antikristus tersebut. Pada akhirnya, perempuan (kota besar pusat agama Babel) tersebut akan dibenci oleh kesepuluh raja dalam kerajaan Antikristus. Mereka akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api. Itulah akhirnya yang terjadi pada pasal ke 18; mereka akan menyerang dan membakar kota besar tersebut. Lalu apakah janji Tuhan bagi kita? “Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Dia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia." Karena Yesus adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja, kita mendapatkan jaminan untuk memenangkan peperangan kita. Haleluya!!

2019-10-12T10:13:07+07:00