28/01/19

Senin, 28/1/2019

  • Bacaan: Keluaran 32-34; Yohanes 14- 16
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Keluaran 32:1-35; Yohanes 14:1-31

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Ketika Musa terkesan mengundur-undurkan diri untuk turun dari gunung, bangsa Israel membuat patung anak lembu emas dan menyembahnya. Maka bangkitlah murka Tuhan atas bangsa Israel, dan Tuhan hendak membinasakan mereka. Di sini kita melihat sifat Allah yang benar dan adil.

 

Selanjutnya, Musa akhirnya berhasil bersyafaat untuk bangsa Israel sehingga Tuhan tidak membinasakan mereka. Salah satu alasan yang Musa pergunakan dalam syafaatnya adalah bahwa bangsa Israel adalah umat perjanjian yang dijanjikan oleh Allah kepada Abraham, Ishak dan Yakub. Waktu Musa menantang bangsa Israel untuk bertobat, akhirnya hanya suku Lewi-lah yang tetap setia berpihak kepada Musa, sehingga status anak sulung sebagai imam dialihkan kepada suku Lewi. Bangsa Israel jatuh dari posisi kehormatan imamat rajani dan beralih kepada imamat Lewi. Tadinya semua orang Israel adalah imam tetapi karena dosa penyembahan berhala akhirnya tugas imam dialihkan kepada suku Lewi.

 

Renungan PB:

Topik Yohanes 14 adalah tentang Rumah Bapa. Yesus adalah jalan menuju Bapa. Ia berjanji bahwa Ia pergi untuk menyediakan tempat bagi murid-murid-Nya. Ia berkata bahwa bila Ia datang kembali, Ia akan membawa murid-murid-Nya ke tempat Ia ada bersama-sama dengan Bapa. Di manakah Rumah Bapa itu? Tentu Rumah Bapa juga berbicara tentang Surga tempat kediaman Allah, tetapi kalau kita membaca konteksnya, Yesus akan membawa murid-murid-Nya ke rumah Bapa bila Ia datang kembali. Kapankah hal itu terjadi? Ternyata hal itu terjadi ketika Roh Kudus datang, karena Roh Kudus adalah Pribadi Yesus yang datang kembali “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.” (Yoh. 14:18). Ketika Roh Kudus datang, Ia membentuk Tubuh Kristus atau Rumah Tuhan; setelah Roh Kudus datang kita siap masuk dan berdiam di Rumah Bapa. Maka, Rumah Bapa adalah gereja atau komunitas orang percaya sebagai tempat kediaman Allah Tritunggal (Yoh. 14:16-23).

2019-10-12T10:02:16+07:00