//29/06/19

29/06/19

Sabtu, 29/6/2019

  • Bacaan: Mazmur 57-59; 1 Korintus 14-15
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: 1 Korintus 14:1-26

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PB:

Dalam renungan hari ini, ada hal penting yang perlu kita simak, “Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.” Setiap orang percaya telah mempunyai kasih yang sejati bagi orang lain dan harus merindukan mempunyai karunia rohani supaya bisa saling menolong, menghibur, mendorong dan menguatkan di dalam komunitas. Kita pasti bisa hidup mengalirkan karunia rohani jika mengandalkan Roh Kudus, karena Roh Kudus mengerjakannya di dalam kita: “Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh dia mengucapkan hal-hal yang rahasia.” Perhatikan bahwa ada perbedaan di antara karunia bahasa Roh dengan karunia yang lain: “Siapa yang bernubuat, dia berkata-kata kepada manusia, dia membangun, menasihati dan menghibur.” Karunia lainnya berguna di dalam komunitas, untuk saling memberkati, tetapi karunia bahasa Roh berguna bagi diri kita sendiri secara pribadi untuk membangun diri kita dan mengaktifkan karunia lainnya yang akan memberkati orang lain: “Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, dia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, dia membangun jemaat.” Mari setia hidup mengejar kasih dan karunia rohani.

2019-10-11T15:57:57+07:00