//29/11/13 – Diutus untuk membangun

29/11/13 – Diutus untuk membangun

Jumat, 29 November 2013

DIUTUS UNTUK MEMBANGUN

Bacaan Firman
Bacalah Lukas 4:18-19 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
Untuk apakah Kristus diurapi Roh Kudus dan diutus oleh Tuhan?
a. Ayat 18b ……………………………………………….
b. Ayat 19a ……………………………………………….
c. Ayat 19b ……………………………………………….
d. Ayat 19c ……………………………………………….
e. Ayat 19d ……………………………………………….

Ternyata, Kristus diutus untuk melakukan 5 pekerjaan. Kelima pekerjaan tersebut adalah pekerjaan untuk membangun manusia menjadi tempat kediaman Allah.
1. Memberitakan Injil. Kristus memberitakan kabar baik, agar orang-orang yang percaya boleh diselamatkan dan diubah menjadi batu-batu hidup bagi pembangunan rumah Tuhan.

2. Mencelikkan mata yang buta. Inilah pekerjaan profetik Kristus yang membawa orang-orang percaya untuk dicelikkan mata rohaninya agar melihat rencana Allah, sehingga orang-orang percaya dibangun sesuai dengan rencana (cetak biru) Allah.

3. Memberitakan firman yang membebaskan. Inilah pekerjaan pengajaran firman yang bukan hanya bersifat pengetahuan otak, tetapi pencerahan kebenaran yang memerdekakan orang. Melalui pengajaran, orang-orang percaya dibangun menjadi serupa dengan Kristus, Batu Penjurunya.

4. Menyembuhkan hati yang luka (tertindas). Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang lahir dari hati gembala, Kristus. Kristus diutus untuk memulihkan orang-orang percaya yang terluka dan mempersekutukan mereka sebagai batu-batu hidup dan disusun menjadi rumah Tuhan.

5. Pemberitaan tahun rahmat Tuhan telah datang. Kristus datang dan diutus dengan tujuan yang jelas, yaitu untuk membangun rumah Tuhan. Inilah tahun Yobel, tahun rahmat Tuhan ketika orang percaya dipulihkan dengan pekerjaan-pekerjaan di atas, maka mereka menjadi pembangun-pembangun rumah Tuhan di kota-kota dan bangsa-bangsa (Yesaya 61:1-11).

Menurut Yohanes 14:12, kita melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa seperti yang Kristus lakukan di atas. Kita diutus untuk membangun rumah Tuhan.

Praktek Firman Tuhan
1. Buatlah komitmen untuk terus-menerus mengekspresikan kelima pekerjaan pembangunan rumah Tuhan.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah Yohanes 14:12 secara berulang-ulang.

2019-10-05T06:43:35+07:00