30/04/19

Selasa, 30/4/2019

  • Bacaan: 1 Tawarikh 20-22; Markus 1-2
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Tawarikh 20:1-8

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Mungkinkah Paulus terinspirasi dari kemenangan total Daud terhadap musuh-musuhnya karena penyertaan Tuhan? Ia menulis, “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (Roma 8:31). Renungan hari ini menunjukkan betapa hebatnya kuasa penyertaan Tuhan atas Daud dan pasukannya. Jika kita membaca dengan teliti, kita akan melihat bahwa Daud dan orang-orangnya meraih kemenangan total atas tentara musuh, yakni orang-orang Filistin dan orang-orang Gad, yang adalah keturunan raksasa. Bahkan, Daud menyuruh mengangkut penduduk kota dan mereka itu dipaksa bekerja dengan gergaji, penggerek besi, dan kapak. Jika bukan Tuhan yang menyertai Daud dan orang-orangnya, tentu mereka tidak akan luput karena orang-orang yang mereka hadapi adalah manusia raksasa. Raksasa-raksasa apakah yang telah menghantui hidup Anda selama ini? Taklukkan semuanya itu di dalam Tuhan.

2019-10-12T09:34:47+07:00