//30/01/14 – Iman dari para pahlawan iman

30/01/14 – Iman dari para pahlawan iman

Kamis, 30 Januari 2014

IMAN DARI PARA PAHLAWAN IMAN

Bacaan Firman
Bacalah Ibrani 11:35-40; Ibrani 6:1-3; Roma 8:17-23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Kapan kesempurnaan akan diizinkan?
2. Mengapakah para pahlawan iman belum menerima apa yang dijanjikan?

Sepanjang kita membaca kisah Alkitab tentang perjalanan dan perjuangan para pahlawan iman, maka kita melihat bahwa dengan iman segala sesuatu terjadi dan tidak ada yang mustahil. Jika demikian, mengapa pahlawan-pahlawan iman belum menerima apa yang dijanjikan? Abraham sudah mencari sebuah kota yang dibangun oleh Allah, tetapi ia belum menemuinya (Ibrani 11:10). Yosua mencari negeri Perjanjian yang sempurna dan mulia, tetapi belum berhasil memperolehnya (Ibrani 4:6-10). Paulus dan Yohanes mencari mempelai wanita Kristus yang sempurna dan mulia, tapi belum mendapatkannya (2 Korintus 11:2; Wahyu 21:1-2). Kapankah janji Allah akan digenapi? Paulus berkata bahwa kita hanya akan mencapai kesempurnaan itu, “jika Allah mengizinkannya.” Mengapa Allah belum mengizinkannya? Apakah ditunggu oleh Allah? Ternyata, Allah menantikan gereja-Nya, untuk mengalami pemulihan lengkap (Kisah Para Rasul 3:19-21). Selama kita berpegang kepada kantong kulit dan tradisi-tradisi lama, kita tidak akan mampu menjadi gereja sempurna. Kita harus kembali kepada kebenaran-kebenaran dan pewahyuan asli yang diberikan oleh Yesus (Wahyu 2:4-5) dan menjadi kantong kulit baru yang memuat air anggur yang baru pula. Allah telah menyimpan yang terbaik untuk generasi terakhir yakni generasi kita, sehingga semua pahlawan iman dari segala abad di sepanjang sejarah menantikan kita untuk mencapai kemenangan tersebut. Sebab dikatakan, “Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.” Allah mempersiapkan suatu hari di mana kesempurnaan itu akan terjadi dan kemuliaan-Nya akan nyata atas kita. Lalu, semua pahlawan iman akan bersukaria. Sebab, apa yang lama dinanti-nantikan akan menjadi realita di atas bumi.

Praktek
Periksalah sikap iman di hati Anda dan lihat kalau Anda sungguh percaya bahwa Tuhan akan genapi janji-Nya. Janganlah ragu-ragu lagi. Baca, renungkan dan mengimani Firman Tuhan yang membuat imanmu bertumbuh. Bahas dengan teman one on one agar saling membangun dan mendorong untuk tetap setia sampai hari yang mulia itu tiba.

2013-12-17T04:40:25+07:00