//30/11/13 – 5 Fungsi Imam

30/11/13 – 5 Fungsi Imam

Sabtu, 30 November 2013

5 FUNGSI IMAM

Bacaan Firman
Bacalah 1 Petrus 2:4-9; Ulangan 21:5; Maleakhi 2:7 sambil berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Bandingkan bagaimana sikap orang percaya sebagai tukang bangunan dengan orang Israel yang tidak percaya sebagai tukang bangunan (1 Petrus 2:6-7, 4).

2. Apakah fungsi imam di rumah rohani? (1 Petrus 2:5).

3. Apakah tugas imam-imam yang dipilih Tuhan? (Ulangan 21:5).

4. Hal apakah yang dicari oleh umat Allah dari mulut seorang imam? (Maleakhi 2:7).

5. Hal apakah yang harus diberitakan oleh imam Allah? (1 Petrus 2:9).

Apabila kita mengumpulkan semua ayat firman Tuhan, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru, maka kita dapat melihat bahwa ada 5 fungsi imam. Bila kita melihat kelima fungsi ini, maka kita dapat melihat dengan tepat 5 fungsi setiap orang percaya di dalam membangun rumah Tuhan.

1. Imam adalah tukang bangunan, ini adalah fungsi apostolik.

2. Imam harus mempersembahkan persembahan rohani berupa penyembahan dan doa, bahkan imam juga bernubuat. Ini adalah fungsi profetik.

3. Imam harus bertugas memberkati dan menyembuhkan luka-luka yang ada di dalam hati. Ini adalah fungsi penggembalaan.

4. Imam harus mengajar firman Tuhan. Ini adalah fungsi pengajaran atau guru.

5. Imam harus memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Allah, yang memanggil mereka keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib. Inilah fungsi penginjilan.

Oleh karena itu, marilah kita melakukan kelima pekerjaan Bapa, seperti yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Karena kelima pekerjaan inilah yang paling penting di dalam hati Allah. Jadi, maukah Anda menjadi pelakunya?

Praktek Firman Tuhan
1. Buatlah komitmen sebagai imam untuk terus-menerus mengekspresikan kelima pekerjaan tersebut, dimanapun kita berada, untuk membangun rumah Tuhan.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah 1 Petrus 2:5 secara berulang-ulang.

2019-09-26T19:52:59+07:00