31/01/19

Kamis, 31/1/2019

  • Bacaan: Imamat 1-3; Kisah Para Rasul 2-4 (Imamat 1:1-17; Kisah 2:34-47).
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Imamat 1:1-17; Kisah Para Rasul 2:34-47

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Kitab Imamat, sesuai dengan namanya, menulis tentang segala sesuatu yang berkaitan tentang keimaman/imamat. Kitab ini terutama menulis tentang hukum upacara bangsa Israel dan tentang kehidupan imam serta peraturan tentang korban-korban dalam upacara Perjanjian Lama. Walaupun bangsa Israel telah jatuh dan gagal menjadi kerajaan imam, tetapi kehidupan imam dan korban-korban yang ada tetap menggambarkan kehidupan imamat Perjanjian Baru. Yesus telah menggenapi seluruh hukum upacara itu, karena Ia sendirilah korban sejati itu dan Ialah Sang Imam Besar Allah. Maka, kita semua (orang percaya) adalah imam-imam yang melayani di Rumah Tuhan (Tubuh Kristus).

 

Renungan PB:

Setelah Roh Kudus turun membaptis semua orang percaya ke dalam Tubuh Kristus, Kristus korporat pun terbentuk dan siap beraksi. Petrus dalam khotbahnya mengutip Mazmur 110 yang intinya berbicara tentang pemerintahan Kristus korporat, yaitu sejak Kristus duduk di sebelah kanan Bapa, Ia membentuk Tubuh-Nya dan akan memerintah bersama dengan tubuh-Nya untuk menaklukkan segala musuh-musuh di bawah kaki-Nya (baca juga Ef. 2:7-12). Karena itulah, jemaat mula-mula menghidupi gaya hidup Tubuh Kristus (Kis. 2:41-47), yaitu gaya hidup imamat rajani. Semua anggota jemaat adalah imam-imam yang melayani dan mengandalkan persembahan Anak Domba Allah yang telah diberikan pada mereka.

2019-10-12T10:01:54+07:00