31/03/19

Minggu, 31/3/2019

  • Bacaan: 2 Samuel 1-3; 2 Petrus 2-3
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: 2 Petrus 1:1-15

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Surat 2 Petrus ditujukan kepada orang yang sama dalam seperti dalam 1 Petrus, yaitu orang Yahudi yang percaya di daerah Asia Kecil, yang memperoleh iman karena Kristus. Kita diingatkan tentang janji-janji yang besar dalam surat ini. Tujuan penulisan surat 2 Petrus adalah memberi peringatan terhadap nabi-nabi dan guru-guru yang palsu, khususnya yang berhubungan dengan kedatangan Tuhan kembali. Selain itu, Petrus juga memanggil orang percaya supaya semakin teguh dalam panggilan dan pilihannya. Dalam menghadapi penyesatan yang akan terjadi pada akhir zaman, ada beberapa kunci yang menjadi kekuatan kita. Kunci pertama didasarkan atas janji-janji yang berharga dan sangat besar, yaitu Firman yang sudah disampaikan oleh nabi-nabi. Kunci kedua didasarkan usaha kita sekarang dalam menambahkan kepada iman kita kebaikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara, dan kasih kepada semua orang. Kunci ketiga adalah pengharapan masa depan, yaitu pengharapan atas kedatangan Tuhan sebagai Raja ketika kita akan masuk ke dalam Kerajaan kekal (2 Ptr. 1). Surat-surat Petrus menjadi dorongan bagi kita untuk selalu waspada dan bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus.

2019-10-12T09:44:50+07:00