///4 Cara Menjadikan Waktu Senggang Anak Sehat dan Kreatif

4 Cara Menjadikan Waktu Senggang Anak Sehat dan Kreatif

* Gali berbagai bentuk kemungkinan kreativitas anak
Bantulah anak Anda untuk menggali potensi kreatif mereka dengan mencoba berbagai hal. Misalnya, tunjukkan sesuatu yang akan menginspirasi anak Anda untuk mengambil pensil dan menggambar, atau mulai memainkan suatu alat musik. Biasanya sesuatu yang sedang populer (tentunya yang masih sesuai dengan nilai-nilai kebenaran Firman), misalnya: film Frozen produksi Disney yang baru-baru ini menjadi hit dapat digunakan sebagai momentum untuk memancing kreativitas anak untuk menggambar tokoh/adegannya atau menirukan melodi lagu-lagunya. Namun ingat, jangan paksa mereka untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Pelan-pelan, perkenalkan anak dengan berbagai jenis instrumen musik dan juga berbagai jenis seni dan budaya; bisa dengan mengajaknya berkunjung ke pameran seni atau toko alat musik, atau bisa besama-sama mencari informasi dan gambarnya melalui internet. Hal-hal ini akan membangun minat anak dan memancing partisipasi kreatif mereka.

 

* Bersikaplah spontan
Kreativitas harus spontan, jangan tunggu “jadwalnya”. Jadi, pastikan anak Anda untuk memiliki akses yang mudah terhadap materi seni apapun – pena, kertas, cat, instrumen musik, atau apapun. Dengan demikian, anak Anda akan dapat mulai berkreasi dengan mudah, misalnya, mengecat atau mencipta musik. Jika segala sesuatu disimpan di lemari dan hanya bisa digunakan di jadwal-jadwal atau berdasarkan aturan-aturan tertentu saja, momen itu akan berlalu dan mereka akan beralih ke hal lain. Suatu hari, mereka akan minta mengecat, namun jika Anda tidak menyediakan kemudahan untuk itu, di keesokan harinya ketika Anda meminta mereka mengecat, mereka tak akan tertarik.

* Jadilah supporter untuk bakat anak anda
Jika anak merasa bahwa karya mereka dihargai, mereka ingin melakukannya lagi. Ciptakan ruang pameran seni di rumah. Pertimbangkanlah, misalnya, tindakan melaminasi semua lukisan hasil karya anak dan menempelnya di dinding dapur. Itu cara murah untuk melindungi gambar agar tetap awet dan terlebih lagi sebagai sebuah sikap penghargaan terhadap hasil karya anak. Ini akan sangat berdampak pada kepercayaan diri anak Anda, sehingga ia bersemangat untuk berkreasi lagi dan lagi.

* Manfaatkan bantuan praktis dan perangkat yang berguna
Komputer dapat menjadi sumber inspirasi yang kaya untuk tulisan, musik, lukisan dan berbagai bentuk keterampilan lainnya. Misalnya, jelajahi program-program yang dapat menolong anak Anda melakukan editing foto atau film atau program animasi sederhana yang menarik bagi anak. Namun jangan lupa, khusus untuk bagian yang ini, sebagai orang tua kita memang harus serius memberikan perhatian mencari program-program yang tepat dan menarik bagi anak kita.

Nah, sudahkah Anda melakukan empat hal di atas? Jika belum, mulailah melakukannya secara konsisten, maka anak Anda pasti akan lebih mudah mengalihkan kegemarannya (“keterikatannya”) terhadap produk-produk media yang bersifat “racun” bagi mereka, kepada aktivitas-aktivitas kreatif yang bermanfaat untuk hidup mereka.

2019-10-17T17:43:49+07:00