//4 Setia dalam Roda kehidupan

4 Setia dalam Roda kehidupan

Kesuksesan kita dalam menjalankan roda kehidupan, bergantung kepada bagaimana setiap hari kita setia membangun hubungan dengan Kristus sebagai pusat hidup kita, dengan 4 disiplin rohani: disiplin merenungkan firman, disiplin berdoa, disiplin bersekutu dalam tubuh Kristus, dan disiplin bersaksi. Keempat disiplin ini tidak bersifat legalistik. Kita tidak menerima keselamatan dengan melakukan 4 disiplin ini. Kita justru melakukan ke – 4 disiplin ini, karena kita telah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Kristus di dalam diri kitalah yang akan melakukan ke – 4 disiplin ini melalui kita (Filipi 4:12-13; Galatia 2:19-20).

Jadi, kita pasti mampu mempraktekkan ke 4 “setia” ini hingga menjadi gaya hidup. Bila hal itu terjadi, maka roda kehidupan kita bisa berjalan dengan baik. Kita akan mencapai rencana Allah dalam hidup kita. Kita pasti berbuah lebat dan benar-benar menjadi muridNya (Yohanes 15:1-8). Bila kita melihat ke – 4 “setia” ini ditambah dengan Kristus sebagai pusat di tengah, maka kita mempunyai 5 unsur kehidupan:

1. Kristus sebagai pusat.

2. Merenungkan dan membagi firman.

3. Berdoa dan bernubuat.

4. Bersekutu dan melayani dalam tubuh Kristus.

5. Bersaksi dan memenangkan jiwa.

 

Ke- 5 unsur itu merupakan 5 unsur hidup yang berasal dari Kristus. Ke- 5 unsur itu baru bisa kita miliki sepenuhnya, jika kita diperlengkapi terus-menerus dalam komunitas sel oleh ke – 5 jawatan:

1. Rasul: memperlengkapi tiap orang percaya agar berpusatkan Kristus (Kristus sebagai kepala atau fondasi hidupnya — 1 Korintus 3:10-12).
2. Nabi: memperlengkapi setiap orang percaya agar dapat berhubungan secara pribadi dengan Allah, mendengar suaraNya, dan bernubuat dalam tubuh Kristus (Amos 3:7-8; 1 Korintus 14:29-32).
3. Guru: memperlengkapi setiap orang percaya agar dapat merenungkan firman Tuhan dan membagikannya kepada orang lain dalam tubuh Kristus (Maleakhi 2:7-9; Kolose 3:16).
4. Gembala: memperlengkapi setiap orang percaya agar dapat bersekutu dan saling melayani dalam tubuh Kristus.
5. Penginjil: memperlengkapi tiap orang percaya agar dapat bersaksi dan memenangkan jiwa melalui tubuh Kristus.

2014-02-22T04:04:53+07:00