/, Teaching/5 tiang di dalam rumah Tuhan

5 tiang di dalam rumah Tuhan

Setelah menyelesaikan pondasi rumah Tuhan, yaitu membangun diri dan komunitas kita agar penuh firman dan iman, kita akan melanjutkan proses pembangunan ini dengan mendirikan tiang-tiang di dalam rumah Tuhan. Apakah tiang-tiang itu? Tidak lain dan tidak bukan, tiang-tiang itu adalah berbagai bidang pelayanan di dalam rumah Tuhan, yang mendefinisikan ciri kemegahan rumah Tuhan itu sendiri. Apa saja tiang-tiang dan ciri kemegahan itu?

1. RUMAH PENYEMBAHAN (house of worship)

Tiang yang pertama adalah penyembahan, dan ciri kemegahan pertama dari rumah Tuhan adalah sebagai rumah penyembahan. Ini perlu dibangun dalam bentuk pelayanan penyembahan, dan dimulai dari hubungan kita dengan Tuhan, yaitu kita mengasihi Tuhan (“up”), baik berupa doa dan penyembahan secara pribadi maupun di dalam komunitas sel serta di dalam pertemuan ibadah raya.

2. RUMAH KASIH DAN KUASA (house of love and power)

Tiang yang kedua adalah penyataan kasih dan kuasa Tuhan, dan ciri kemegahan kedua dari rumah Tuhan adalah sebagai rumah kasih dan kuasa Tuhan. Ini terwujud di dalam hubungan kita dengan sesama anggota keluarga/rumah Tuhan, yaitu dengan kita mengasihi rumah Tuhan (“in”). Yang termasuk di dalamnya adalah persekutuan di dalam komunitas sel, pemuridan serta ibadah raya. Melalui hubungan di berbagai lingkup ini, kita sebagai anggota keluarga/rumah Tuhan saling memanifestasikan kasih dan kuasa Tuhan.

3. RUMAH MISI (house of mission)

Tiang yang ketiga adalah misi (penjangkauan kepada mereka yang belum menjadi anggota keluarga/rumah Tuhan), dan ciri kemegahan ketiga dari rumah Tuhan adalah sebagai rumah misi. Ini terwujud di dalam hubungan kita dengan orang-orang yang belum percaya, yaitu dengan kita mengasihi mereka yang masih terhilang (“out”). Dalam Yesaya 2, disebutkan bahwa segala bangsa akan berduyun-duyun datang ke rumah Tuhan. Inilah Amanat Agung yang bersumber dari hati Allah bagi setiap kita, yaitu agar kita menjadikan setiap bangsa murid Kristus, mulai dari Yerusalem (lingkungan sekitar kita), Yudea (wilayah di sekitar kota/propinsi kita), Samaria (Indonesia) bahkan sampai ke ujung bumi (bangsa-bangsa lainnya).

4. RUMAH HIKMAT (house of wisdom)

Tiang yang keempat adalah penyataan hikmat Tuhan, dan ciri kemegahan keempat dari rumah Tuhan adalah sebagai rumah hikmat Tuhan. Yesaya 2 juga menyatakan bahwa segala bangsa akan mencari jalan-jalan Tuhan, yaitu cara hidup yang benar dan menjadi solusi, menurut firman Tuhan. Di dalam rumah Tuhan harus dibangun pelayanan pengajaran hikmat Tuhan, agar rumah Tuhan menjadi rumah hikmat yang menghadirkan solusi bagi segala masalah kehidupan manusia di dunia.

5. RUMAH BERKAT (house of blessings)

Tiang yang kelima adalah aliran berkat Tuhan, dan ciri kemegahan kelima dari rumah Tuhan adalah sebagai rumah berkat. Tuhan sebagai Pemilik rumah akan menyediakan segala hal, termasuk keuangan yang melimpah yang dibutuhkan untuk mendirikan keempat tiang sebelumnya. Demikian pula, kita sebagai anggota keluarga/rumahNya harus siap untuk menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan, karena rumah Tuhan harus menjadi rumah berkat, demi menggenapi rencana Allah untuk membangun KerajaanNya di segala bidang di dunia ini.

2020-04-22T14:38:03+07:00