///7 Penyebab “M-B-A” (Married By Accident) part. 2

7 Penyebab “M-B-A” (Married By Accident) part. 2

5.  “Te – Pe” (TEbar PEsona = perkataan, perbuatan dan sikap tubuh yang seolah mengatakan “aku cinta padamu”)
* Penyebabnya:
Kurangnya pengetahuan akan pengaruh yang akan terjadi melalui perkataan, perbuatan dan sikap tubuh yang special kepada lawan jenis.

* Bahayanya:
Sama seperti bahaya dengan NARSIS, tapi kali ini yang menjadi umpan adalah bukan penampilan fisik tapi segala sesuatu yang membangkitkan suasana romantis di dalam hati lawan jenis.  Menjadikan sikap dan perbuatan semacam ini bukannya baik tapi justru akan mengundang pria dan wanita yang hatinya vakum (haus kasih sayang, biasanya karena berasal dari keluarga yang berantakan).
Pria dan wanita ini akan berusaha dengan segala macam cara untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya cinta (=asmara) dari diri kita.  Orang-orang semacam ini tidak akan mempedulikan bahaya jatuhnya hubungan ke dalam MBA.

* OBATNYA:
Berhenti dari kebiasaan ini.  Tapi jika ternyata sulit untuk meninggalkan kebiasaan ini, sebaiknya evaluasi diri; karena trauma dengan penolakan teman dekat di masa lalu akan mempengaruhi kita untuk membalas dendam kepada pria atau wanita lain tanpa kita sadari.
Pemuridan one on one dengan menggunakan bahan dari buku TRANSFORMASI HATI (karangan Eddy Leo) akan menolong pemulihan ini.

 

6. “Ra-Mah” (RAjin menjaMAH = sentuhan anggota tubuh yang bertujuan untuk menikmati keintiman seksual)

* Penyebabnya:
Konsep yang salah tentang cara mengekspresikan kasih kepada sahabat dan kurangnya pengetahuan tentang pengaruh yang ditimbulkan karena sentuhan kepada lawan jenis.

* Bahayanya:
Sentuhan fisik dengan lawan jenis ibarat saklar ON untuk membuka saluran gelombang kenikmatan asmara (yang diakibatkan oleh Hormon neutrophin).
Yang bahaya, sifat dari kenikmatan asmara ini men-candu seperti pengaruh narkoba pada manusia.  Sifat orang yang sedang kecanduan ( sakaw ), akan melakukan apa saja, asalkan candu yang diinginkan itu bisa diperoleh. Candu ini adalah Kenikmatan Asmara. Orang yang sedang men-candu tidak peduli dengan akibat MBA.

* OBATNYA:
Ubahlah konsep berpikir yang salah ini, lakukan pembaharuan akal budi, seperti ditulis dalam Roma 12:2 “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”
Pemuridan One on One adalah cara terbaik supaya akal budi kita bisa diperbaharui.

7. “Menjadikan IDOL” (menjadikan idol/ilah = menempatkan si doi di atas lebih tinggi dari Yesus)
* Penyebabnya:
Takut kehilangan doi.

* Bahayanya:
Segala sesuatu akan dilakukan dan seberapapun harga akan dibayar asalkan tidak kehilangan sang idaman hati, maka semua batasan-batasan yang ditetapkan oleh Tuhan sekalipun akan dilewati jika tindakan itu dibutuhkan supaya tidak kehilangan si doi. Termasuk juga batasan-batasan kekudusan yang menjaga supaya tidak jatuh ke dalam MBA.

* OBATNYA:
Hanya satu kata, yaitu BERTOBAT.
Seperti dalam Wahyu  2:4-5 “Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.”
Bertobat dan kembali kepada kasih mula-mula, saat kita menjadikan Yesus sebagai Tuhan dalam hidup kita.

2013-11-23T05:22:16+07:00