///8 Investasi Supaya “Harga” Anda “MAHAL”

8 Investasi Supaya “Harga” Anda “MAHAL”

1. Anda mampu menyelesaikan berbagai target dari perusahaan sesuai dengan deadline serta tanpa berkeluh kesah dan protes sana-sini (walaupun seringkali Anda harus berdarah-darah berjuang untuk mencapainya).

2. Anda mampu memecahkan berbagai permasalahan yang karyawan lain tidak bisa pecahkan.

3. Anda memiliki keterampilan bernegosiasi yang sangat baik sehingga mampu meyakinkan berbagai pihak untuk melaksanakan target perusahaan.

4. Anda bersedia melakukan tugas-tugas yang bukan merupakan tanggung jawab Anda.

5. Anda mampu menyelesaikan target tugas melampaui target atau harapan yang diminta oleh perusahaan ( kerja dan selesai lebih cepat, lebih berkualitas, lebih banyak, dsb).

6. Anda mampu melakukan tugas-tugas yang lebih tinggi dan lebih sulit dari level / kedudukan Anda sekarang. Misalnya Anda sekarang adalah level supervisor, namun Anda bisa buktikan mampu lakukan tugas-tugas tingkat manager dengan sukses (dan mungkin bahkan lebih baik lagi).

7. Mampu menunjukan kualitas perilaku yang jujur, bisa kerja sama, berpikiran positif, memiliki intergritas dan bisa membina hubungan kerja yang positif dengan siapapun.

8. Anda mampu bekerja dalam situasi dengan tekanan yang tinggi namun tetap memiliki sikap yang positif.
Nah kalau Anda sudah memenuhi 8 syarat di atas, maka boleh dibilang kualitas Anda sudah cukup tinggi (diposisi tingkat Anda sekarang ).

 

Untuk bisa mencapai tingkat kualitas kerja yang tinggi, setiap kita perlu belajar terus menerus dan tidak pernah berhenti. Steve Job, CEO Apple, menetapkan budaya kerja yang keras kepada setiap karyawan untuk senantiasa mau belajar, mau berubah, mampu berinovasi dan kreatif. Steve Job memakai corporate value “Stay Hungry, Stay Foolish” ( Tetap Lapar, Tetap merasa bodoh). Ia menuntut setiap karyawan untuk selalu meningkatkan kualitas diri mereka terus menerus, dan tanpa henti. Hasilnya, kita bisa lihat bahwa merk Apple selalu berada di papan atas.

Semakin banyak Anda investasi keterampilan dan perilaku kedalam karir Anda, semakin tinggi kualitas dan harga jual Anda.

Apa saja yang Anda harus pelajari dan investasikan kedalam karir Anda?

1. Investasi keterampilan tekhnis
* Apapun bidang Anda, hal yang paling mutlak adalah pertajam terus menerus keterampilan tekhnis Anda. Bila Anda seorang sales, belajar terus menerus berbagai tekhnik yang lebih mutahir dan lebih efektif. Bila Anda seorang akuntan, perbaharui terus menerus keterampilan dalam bidang akuntansi dan bidang lain yang berkaitan.

2. Investasi kemampuan managerial dan kepemimpinan (Management & Leadership Skill)
* Belajar terus menerus bagaimana cara memimpin orang dan mempengaruhi orang untuk bekerja baik. Belajar berbagai keterampilan bagaimana mengelola tugas, mengorganisir tugas, melatih karyawan dan memotivasi karyawan dengan efektif.

3. Investasi kemampuan berkomunikasi
* Kembangkan terus menerus kemampuan Anda berinteraksi dengan berbagai karakter karyawan, cara meyakinkan orang lain, cara presentasi yang persuasif, cara menangani konflik, seni bernegosiasi, dsb.

4. Investasi kemampuan membangun hubungan / jejaring
* Latih terus menerus kemampuan Anda di dalam membangun hubungan dengan siapapun dan pada tingkat apapun seluas-luasnya. Semakin luas jejaring Anda, semakin tinggi aset yang Anda miliki.

5. Investasi kemampuan dalam bidang teknologi
* Dunia kerja masa kini tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan teknologi yang terus menerus berubah. Ikuti terus perkembangan teknologi komunikasi, komputer, internet, berbagai software yang menolong Anda kerja dengan lebih efektif

6. Investasi keterampilan melatih orang lain
* Semakin Anda menolong orang lain untuk terampil, sesungguhnya semakin tinggi kualitas Anda. Belajar terus menerus bagaimana bisa melatih karyawan dengan cara-cara yang paling efektif. Bila mereka terampil, maka Anda adalah orang yang pertama yang paling diuntungkan.

7. Investasi keterampilan menghadapi berbagai tekanan
* Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah. Semakin tinggi posisi Anda didalam perusahaan, semakin banyak tekanan dan kesulitan akan Anda hadapi. Belajar terus menerus keterampilan mengelola stress dan tekanan di tempat kerja.


8. Investasi diri “Menjadi Batu Permata”
Batu permata bila diletakan diantara batu-batu lain akan berkilau. Tampil beda dan sudah pasti harganya akan mahal sekali. Untuk bisa sukses dalam karir, Anda harus berkilau, harus menonjol dan harus berbeda. Berani tampil beda dan anggaplah orang yang berinteraksi dengan Anda semua spesial. Tampil beda disini bukan dalam hal penampilan saja, tetapi juga etos kerja Anda: disiplin, tepat waktu, energik, supportif. Jadikan Anda sebagai sesuatu medan magnet dimana orang lain merasa nyaman dengan Anda. Dengan menganggap orang lain spesial, berarti memupuk jiwa Anda sebagai orang yang baik, bijaksana dan penuh kharisma. Pelajari apa yang bisa Anda jual dari diri Anda, apa yang bisa membuat rekan kerja Anda enjoy, boss Anda senang? Banyak sekali tentunya. Contoh: Anda pandai menyusun materi presentasi, jadilah imam di kantor, pintar organisasi , jadilah kepala pengurus acara / koperasi , pintar nyanyi, olahraga dll , tonjolkan faxtor x Anda ini kepada semua orang.

Semakin dini Anda mulai melakukan investasi, semakin membuat kualitas Anda tinggi dan otomatis, semakin cepat Anda tiba ditujuan sukses. Selamat mencoba !!!

(Freddy Liong, MBA, CBA. –Penulis Buku [email protected] & Morning [email protected])

2019-10-29T10:17:29+07:00