///Back to the core

Back to the core

Dari berbagai pembahasan yang ada, seluruh peserta akhirnya merekomendasikan beberapa strategi inisiatif yang perlu segera diambil pemimpin di perusahaan tersebut.

Inisiatif ini diajukan berdasarkan kajian dari situasi dan pengalaman di tahun-tahun sebelummya. Inisiatif-inisiatif ini dipandang sangat baik dan efektif. Karena itu seluruh peserta cukup yakin, dengan melakukan semua inisiatif ini maka kinerja perusahaan akan kembali membaik.

Dan ternyata dasar dari semua inisiatif ini adalah sebuah pemikiran yang kami sebut ‘go back to the core’ atau ‘kembali pada hal yang utama’.
Artinya perusahaan harus melihat kembali apa yang menjadi visi dan misi mereka. Atau dengan kata lain, apa yang menjadi purpose perusahaan mereka.

Ketika mereka menyadari purpose sebenarnya, ternyata banyak inisiatif yang selama ini pernah dilakukan sudah keluar dari purpose perusahaan. Mereka menjadi tidak fokus, dan akhirnya menjadi tidak optimal dalam menghasilkan kinerja.

Mengingat hal ini sambil merenungkan apa yang perlu saya lakukan di tahun 2018 ini, maka saya menemukan kemiripan situasi.
Kita cenderung melihat apa yang sudah kita lakukan di tahun lalu dan kemudian menyusun rencana tindakan pribadi untuk tahun 2018.
Ini adalah sebuah proses normal yang kita lakukan, dan hal itu baik-baik saja. Kita memang perlu punya rencana pribadi untuk tahun 2018.

Karena itu mulailah dengan mengevaluasi apa rencana 2017 yang berhasil dan apa yang belum berhasil, kemudian kita merenungkan apa yang perlu kita raih di tahun 2018 dan buat rencana tindakan atas hal tersebut.

Namun sebelum semua hal tersebut kita lakukan, mari kita kembali ke hal yang utama dalam hidup kita, apa yang menjadi purpose dari kehidupan kita. Dan sebagai orang yang telah menerima keselamatan dan panggilan dalam Kristus Yesus, kita mengerti bahwa purpose hidup kita adalah hidup dalam keselamatan dan merespon panggilan Kristus untuk memuridkan semua bangsa murid Kristus.

Kita hidup bukan sekedar untuk menjadi orang Kristen, tapi kita hidup untuk menjadi murid Kristus dan melakukan pemuridan.

Semua rencana yang akan kita lakukan di tahun 2018 ini, harus dilandaskan pada pemikiran tentang purpose hidup kita sebenarnya. Sebaik dan sehebat apa pun rencana 2018 yang kita siapkan akan menjadi sia-sia kalau hal itu tidak dilandasi pada purpose hidup kita sebagai murid Kristus.

Mari kita periksa tindakan di tahun 2017 dan rencana tindakan di tahun 2018, apakah semua tindakan dan rencana itu sudah didasarkan pada purpose hidup kita sebagai anak Tuhan, atau purpose hidup kita sebagai manusia duniawi?

Buatlah rencana yang lebih baik agar kita bisa bertekun merespon panggilan Kristus dalam hidup ini.
“Let go back to the core” yaitu menjadi murid dan memuridkan semua bangsa. Happy New Year 2018!

“ Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. “ Ibrani 12:2

 

2019-10-17T10:18:36+07:00