//Bahan Komsel Minggu I Desember

Bahan Komsel Minggu I Desember

3 KWALITAS KARAKTER RUT

Kehidupan Rut adalah gambaran kehidupan anak-anak Tuhan. Itulah sebabnya, penting sekali bagi kita untuk mengerti makna yang terjadi pada kehidupan Rut, supaya kita memperoleh pedoman hikmat dalam menjalani kehidupan kita di dalam Kerajaan Allah. Mari kita bahas…

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
*
Mari kita baca Rut 1:16 – 2:2.
* Coba diskusikan 3 kwalitas karakter Rut yang menjadi teladan bagi kita.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 kualitas karakter Rut, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 kualitas karakter Rut, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Mengasihi anggota keluarga (Rut 1:16).
Rut setia pada ibu mertuanya, Naomi. Kesetiaan Rut adalah ekspresi dari kasihnya kepada Naomi (I Tim 5:8).

2.Tekad yang kuat untuk meninggalkan dosa dan melakukan kebenaran (Rut 1:18-19). Dibutuhkan tekad yang kuat bagi Rut untuk mengiringi Naomi masuk ke kota Betlehem. Rut bersikeras agar Naomi tidak memaksanya untuk kembali ke Moab. Sebab dalam masa Perjanjian Lama, orang Moab bahkan sampai keturunan yang kesepuluh, tidak boleh masuk Betlehem dan tidak boleh masuk dalam jemaah umat ALLAH (Ulangan 23:3). Betlehem (kota kelahiran Yesus) adalah simbol kebenaran. Moab adalah simbol dosa. Orang Moab terbilang orang kafir, najis, sebab bangsa Moab terlahir dari hubungan incest (perzinahan dengan seorang anggota keluarga) antara Lot dan anak perempuannya sendiri.

3.Memilih untuk hidup dalam kasih karunia dan perlindungan Tuhan (Rut 2:1-2).
Dalam adat Yahudi, seorang janda yang ditinggal mati oleh suami tanpa meninggalkan anak laki-laki, maka adik suaminya wajib mengawini janda saudaranya itu. Rut tidak memiliki pelindung, karena suaminya dan saudara suaminya telah meninggal; Naomi tidak lagi memiliki anak laki-laki. Namun masih ada penebus yang dapat menjadi suami dan pelindung bagi seorang janda Israel. Syarat seorang penebus adalah sanak keluarga dan kaya. Boas memenuhi kriteria karena ia adalah seorang kaya, dan merupakan kerabat suami Rut yang telah meninggal. Boas menggambarkan Yesus, lahir di Betlehem. Boas yang kaya, menggambarkan Yesus sebab Dia adalah Raja Sorga. Nama Boas berarti "Di dalam dia ada kekuatan" selaras dengan Yesus yang memiliki kuasa untuk mengampuni.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 kwalitas karakter Rut.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Ku MengasihiMu Oh Tuhanku, Bukan Dengan Barang Fana.

Mari kita hafalkan: Rut 1:16
Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

2019-10-04T03:00:57+00:00