//Bahan Komsel Minggu I Maret 2010

Bahan Komsel Minggu I Maret 2010

GIDEON, PAHLAWAN YANG PANTANG MENYERAH

Gideon ialah seorang tokoh yang aktual pada masa kini, untuk kita bisa belajar dari perjuangannya yang tak pernah menyerah oleh tantangan demi tantangan yang ia hadapi. Karena untuk bisa menang menghadapi situasi problem yang kompleks di akhir zaman ini, kita perlu membangkitkan spirit kepahlawanan dalam diri kita seperti Gideon (Hak 6:12). Gideon disebut pahlawan, bukan diukur dari penampilannya, tetapi dari pilihannya terhadap situasi. Pahlawan sejati mungkin saja bisa dihancurkan, digoyahkan, dijatuhkan, bahkan dibunuh. Tetapi spirit perjuangannya tidak bisa dihentikan oleh lawan-lawannya. Mari kita bahas…

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
*
Mari kita baca Hak 6:11 & 32 ; 7:7.
* Coba diskusikan 3 kualitas kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Gideon.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 kualitas kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Gideon, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 kualitas kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Gideon, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Ancaman kaum Midian tidak dapat menghentikan langkah Gideon (Hak 6:11)
Sebagaimana Gideon mencari akal supaya bisa berkarya dengan diam-diam supaya tidak dihancurkan oleh kaum Midian, biarlah kita selalu bersikap mencari jalan di tengah situasi yang sulit, bahkan saat iblis atau siapapun berusaha menghancurkan pekerjaan kita.

2.Baal tidak menghentikan iman Gideon (Hak 6:32).
Seperti Gideon berani merubuhkan tiang-tiang berhala, runtuhkanlah segala bentuk baal modern (hobi, kebiasaan buruk, pergaulan buruk, dll) yang menghambat kita mencapai visi kita. Kalau kita tidak hati-hati, segala hal yang baik juga bisa menjadi baal yang justru mengganggu hubungan kita dengan TUHAN.

3.Jumlah tentara yang sedikit tidak menghentikan perjuangan Gideon (Hak 7:7).
Seperti Gideon maju dengan tentara yang terbatas, biarlah kita tidak memandang apa yang kita tidak punya atau tidak bisa. Tapi pandanglah apa yang kita punya dan kita bisa lakukan.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 kualitas kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Gideon.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Tuhan Adalah Kekuatanku, Engkaulah Kekuatanku.

Mari kita hafalkan: Hakim-hakim 6:12
Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: “TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.”

2019-09-24T20:34:29+00:00