//Bahan Komsel Minggu I November 2009

Bahan Komsel Minggu I November 2009

MARI BELAJAR DARI KETEKUNAN AYUB

Ayub ialah seorang tokoh yang tiada duanya di bumi ini. Seorang yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan, hingga Allah sangat bangga terhadapnya (Ayub 1:8). Tapi itu barulah awal dari kisah hidup Ayub. Mari kita belajar dari tokoh yang satu ini.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
* Apakah Anda masih ingat kisah Ayub, sejak ia dibanggakan oleh Allah di hadapan iblis hingga ia mati di usia tuanya? Coba cari pasangan berdua-berdua, lalu saling ceritakan singkat dengan pasangan Anda dalam 5 menit! (Ayub 1-42)

* Mari kita baca Ayub 1:8; Yak 5:11 & Ayub 42:2
* Coba diskusikan 3 kualitas teladan Ayub bagi semua orang percaya, sebagai duta Kerajaan Allah!

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
* Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 kualitas teladan Ayub, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 kualitas teladan Ayub, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Ayub hidup berkenan di hadapan Allah (Ayub 1:8). Ayub menaruh iman percayanya hanya kepada Allah, sehingga ia hidup berkenan di hadapan Allah (Ibr 11:6).
2.Ayub bertekun dalam penderitaan panjang (Yak 5:11). Kata Yunani dari bertekun disini adalah hupomone, yang artinya bersabar dengan penuh harap (hopeful endurance). Jadi, kunci keberhasilan Ayub dalam menanggung segala penderitaannya adalah pengharapannya yang tertuju pada Allah (Rom 5:4).
3.Ayub mengembalikan segala kemuliaan bagi Allah (Ayub 42:2).
Ia tahu & sadar, bahwa hidupnya berlangsung semata-mata hanya oleh kasih karunia Allah, sehingga dalam segala keadaan – susah ataupun senang – ia tidak takut, karena kasih Allah yang tercurah dalam hidupnya. (Rom 5:5).

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan kualitas teladan yang sudah ditunjukkan oleh Ayub.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Inilah Yang Kupunya, Kau Bukan Tuhan Yang Melihat Rupa.

Mari kita hafalkan: Yak 5:11
Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

2019-10-04T03:01:01+00:00