//Bahan Komsel Minggu I September 2009

Bahan Komsel Minggu I September 2009

BAGAIMANA PRAKTEK DOA YANG BERKUASA?

Sesungguhnya, doa adalah kekuatan terbesar kita, para duta Kerajaan Allah, karena di dalam doa yang sejati terkandung kuasa yang dahsyat, melampaui segala akal, pikiran dan logika manusia. Tetapi belum semua duta Kerajaan Allah yang mempraktekkan doa yang berkuasa. Kali ini kita akan membahas bagaimana mempraktekkan doa yang berkuasa itu.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
– Menurut Anda,mengapa ada doa yang berkuasa dan yang tidak? (Ibr 11:6; Rom 10:17)
– Apa saja beberapa contoh wujud doa yang berkuasa? (Kis 4:31; Mat 17:20; Yak 5:15-16)
– Bagaimana cara mempraktekkan doa yang penuh kuasa berdasarkan Firman Allah? (Kis 2:42; Yak 5:17)

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
– Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
– Kapan terakhir kali Anda mengalami kuasa dan jawaban doa dalam hidup Anda? Ceritakan pengalaman Anda!
– Dosa apa yang masih Anda simpan? Maukah Anda mengakuinya, dan mengijinkan Firman Allah membersihkan Anda dari kecemaran dosa?

Rangkuman:
Seringkali kita berdoa, tetapi kurang beriman, kurang bersungguh-sungguh, atau kurang bertekun mencari wajah Allah untuk meminta Allah bertindak dengan kuasaNya atas kita. Praktek doa yang berkuasa yang kita temukan dalam Alkitab, ternyata tidak berdiri sendiri. Doa yang penuh kuasa, mengalir dari kesungguhan HATI yang murni dan IMAN yang teguh, yang datang dari pengajaran akan FIRMAN Allah. Kuasa doa dapat terwujud, antara lain melalui goyangnya tempat kita berdoa, gunung yang berpindah, kesembuhan dan mujizat. Untuk mempraktekkan doa yang berkuasa, kita harus mulai dari iman yang timbul dari pendengaran akan Firman Allah yang ditekuni, dan mengijinkan Firman itu membersihkan kita dari kecemaran dosa, lalu kita berseru, menjerit pada Allah dengan hati yang bersungguh-sungguh. Semua hal ini, bukanlah suatu formula untuk memperoleh apa yang kita inginkan melalui doa yang berkuasa, tetapi sebagai suatu aliran yang terpancar dari hubungan kasih kita dengan Allah dan sesama.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita mempraktekkan doa yang berkuasa sebagai gaya hidup dalam budaya Kerajaan Allah.
2.Agar melalui kehidupan doa kita yang penuh kuasa, Allah memakai kita mengadakan mujizat dan tanda-tanda, sehingga orang-orang di sekitar kita dapat mengenal & memuliakan Allah.

Pilihan lagu: KrajaanMu Datanglah, Mujizat itu Nyata.

Mari kita hafalkan: Ibrani 11:6
Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

2019-10-04T03:37:52+00:00