//Bahan Komsel Minggu II Januari 2010

Bahan Komsel Minggu II Januari 2010

TELADAN HIDUP HENOKH

Meski Henokh hanya disebut di satu tempat dalam Perjanjian Lama, tapi ia adalah seorang yang sangat istimewa. Ia adalah salah seorang dari sedikit tokoh di Alkitab yang diangkat oleh Allah, karena ia hidup bergaul karib dengan Allah.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
– Mari kita baca Kej 5:18-24 & Ibr 11:5-6.
– Coba diskusikan 3 poin keteladanan hidup dari seorang Henokh.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
– Dari 3 kualitas teladan hidup Henokh, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
– Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
– Dari 3 kualitas teladan hidup Henokh, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Tetap dapat bergaul karib dengan Allah di tengah peranannya sebagai anak, saudara, suami & bapa.
Ketika Henokh menikah dan mempunyai anak-anak, Yared masih hidup. Dalam hidupnya, Henokh berhadapan dengan bermacam-macam karakter, baik karakter orang tuanya, saudara-saudaranya, istrinya, mertuanya, ipar-iparnya dan lain-lainnya tetapi ia tetap dapat hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun, suatu masa yang panjang. Henokh menjadi saleh bukan dengan menarik diri dari kehidupan sosialnya. Kita melihat banyak orang yang hendak beribadah kepada Tuhan tetapi gagal karena tak mampu mengatasi kendala dan tantangan dari orang-orang di sekeliling mereka.

2.Menjalani hidup yang bermakna, walaupun ”pendek” umur.
Dibandingkan dengan orang-orang pada zaman itu, umur Henokh terlalu singkat, 365 tahun. Lamekh, keturunan Henokh, saja berusia 777 tahun. Henokh memilih dan menjalani prioritas hidup yang benar, yaitu menomorsatukan Tuhan dalam hidupnya.

3.Mempraktekkan iman yang berkenan kepada Allah.
Iman mengandung komponen-komponen vital yang akan membawa kita dalam kehidupan yang berkenan kepada Allah, yaitu ketaatan, percaya dan juga penyerahan hidup secara total kepada Tuhan. Inilah yang seringkali menjadi pergumulan hidup kita, karena percaya bukan sekedar tahu dan yakin tapi juga berani menyerahkan segala sesuatu yg ada dalam hidup kita ke dalam tangan Tuhan. Inilah yang menjadi gaya hidup Henokh.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 kualitas teladan hidup Henokh.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: MenyenangkanMu SenangkanMu, Satu Hal Tlah Kuminta KepadaMu Tuhan.

Mari kita hafalkan: Ibr 11:5
Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

2019-09-27T18:04:01+00:00