//Bahan Komsel Minggu III Desember 2009

Bahan Komsel Minggu III Desember 2009

3 KWALITAS KARAKTER MARIA (IBU YESUS)

Maria ialah istri dari Yusuf dan ibu dari Yesus Kristus, yang dikandung dalam rahimnya oleh Roh Kudus saat Maria masih perawan. Sekilas, tidak banyak yang kita ketahui tentang pribadi Maria ini, tetapi apabila kita menggali kebenaran yang sesungguhnya, maka kita akan menemukan bahwa Maria ialah seorang pribadi wanita yang luar biasa. Ya, sedemikian luar biasanya Maria, sehingga ia ’dilayakkan’ untuk melahirkan Seorang Pribadi yang luar biasa.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
Mari kita baca Luk 1:26-39.
– Coba diskusikan 3 kwalitas karakter dari seorang Maria (ibu Yesus).

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
– Dari 3 kualitas karakter Maria (ibu Yesus), 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
– Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
– Dari 3 kualitas karakter Maria (ibu Yesus), 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
Kunci dari seluruh kwalitas karakter yang ada pada Maria, ialah ketaatannya kepada Allah, yang lahir dari kepercayaan sepenuhnya kepada Allah. Dari ketaatan itulah, muncul kwalitas karakter sbb:
1.Memprioritaskan Allah lebih dari siapa pun & apa pun.
Maria tetap memilih untuk melakukan kehendak Allah, dengan resiko kehilangan calon suaminya, yang kemungkinan besar akan menceraikan dia, dan dengan resiko akan dipandang hina oleh masyarakat (Mat 1:19).

2.Berani menyerahkan nyawanya bagi Allah.
Saat Maria menerima kehendak Allah untuk melahirkan Yesus, itu artinya ia siap mati. Karena pada masa itu, apabila seorang wanita kedapatan berbuat zinah, apalagi hingga mengandung di luar ikatan nikah, maka wanita itu akan dirajam sampai mati (Mat 1:18).

3.Memiliki jiwa seorang hamba.
Ia sama sekali tidak mementingkan dirinya sendiri. Ia sadar bahwa kehendak Allah jauh lebih penting daripada kehendaknya sendiri, dan ia mengabdikan seluruh hidupnya untuk melakukan kehendak Allah, sejak Yesus lahir dari rahimnya hingga Yesus mati tersalib di hadapannya.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:

1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 kualitas karakter Maria (ibu Yesus).
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Bagaikan Bejana, Jadikan Aku Indah.

Mari kita hafalkan: Luk 1:38
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

2019-10-04T03:00:53+00:00