//Bahan Komsel Minggu III Februari 2010

Bahan Komsel Minggu III Februari 2010

3 KUALITAS KARAKTER NEHEMIA

Nehemia ialah satu pribadi yang dipakai Allah untuk mengadakan pembaharuan yang menakjubkan dalam kehidupan bangsanya. Nehemia bukan hanya berhasil membangun tembok Yerusalem, tetapi juga menjadi seorang pengembang (developer) yang mengatur perkembangan kota Yerusalem, baik secara teknis maupun tatanan sosial masyarakatnya (Neh 7:4-5). Di bawah kepemimpinan Nehemia, kota Yerusalem marak kembali.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
*
Mari kita baca Neh 1:4 ; 4:9 & 5:7.
* Coba diskusikan, apa saja 3 kualitas karakter yang ditunjukkan Nehemia?

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 kualitas karakter Nehemia, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 kualitas karakter Nehemia, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
Sebenarnya, ada banyak kualitas karakter positif yang ditunjukkan Nehemia dalam kehidupannya. Kali ini kita berfokus pada 3 diantaranya:
1.Menjadikan doa sebagai gaya hidupnya sehari-hari (1 : 4).
Reaksi pertamanya ketika mendengar tentang nasib Yerusalam yang menyedihkan adalah berpaling kepada Tuhan di dalam doa. Ini membuktikan bahwa ia tidak asing lagi didepan tahta kasih karunia. Secara keseluruhan, catatan kehidupannya dipenuhi dengan doa. Baginya doa bukan saja merupakan sesuatu yang dilakukan pada waktu tertentu saja, melainkan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pekerjaan sehari-hari.

2.Tidak hanya beriman tapi juga bertindak (4:9).
Pendekatan rohaninya terhadap masalah-masalah tidak mengesampingkan realisme yang sehat. Ia mempraktekkan keseimbangan, yaitu tidak hanya memiliki iman, tapi juga perbuatan.

3.Tidak memandang muka (5:7).
Keputusan dan tindakan Nehemia ditandai oleh sifatnya yang sama sekali tidak memihak. Kaum bangsawan dan pemimpin dikecamnya, jika memang mereka patut dikecam, sama saja seperti orang-orang biasa.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)

Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 kualitas karakter Nehemia.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Kau Bukan Tuhan Yang Melihat Rupa, Lebih Baik Satu Hari Di PelataranMu.

Mari kita hafalkan: Neh 1:4
Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,

2019-09-24T20:34:32+00:00