//Bahan Komsel Minggu III September 2009

Bahan Komsel Minggu III September 2009

MENDOAKAN FIRMAN TUHAN

Mendoakan Firman Tuhan adalah suatu cara doa yang dapat membawa kebangunan rohani yang sangat dahsyat. Hal ini pernah dilakukan dan diprakarsai oleh seorang wanita Prancis, Madame J. Guyon, yang pada akhirnya membawa pengaruh positif pada seluruh kotanya dan daerah-daerah lainnya, hingga mempengaruhi John Wesley, yang kemudian menjadi alat Tuhan untuk membawa kebangunan rohani yang sangat panjang di Inggris, Eropa bahkan sampai ke Amerika.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
Bacalah Mazmur 23:1-6 dengan perlahan yakni dengan penghayatan. Pada saat Anda membacanya, pasti ada ayat yang menyentuh hati Anda. Pada saat ayat tersebut menyentuh hati, bacalah berulang-ulang sambil lebih lagi menghayati ayat itu. Anda dapat pula mendoakan ayat tersebut sebagai kata-kata yang langsung diucapkan kepada Tuhan. Nikmatilah sentuhan tersebut sampai selesai, lalu berpindahlah ke ayat lainnya.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
Ceritakanlah hal-hal apa yang Anda hayati dan alami dari Mazmur 23:1-6 tersebut!

Rangkuman:
Tujuan Allah memberikan kepada kita Alkitab adalah supaya kita berjumpa pribadi dengan Tuhan. Kristus selalu berjumpa dengan Bapa setiap hari. Ia berjalan bersama Bapa. Yesus melihat apa yang BapaNya lakukan, Yesus juga mendengar apa yang Bapa katakan. Jadi, waktu kita membaca firman yang adalah Allah sendiri, maka kita akan berjumpa dengan Allah. Jadi, kita dapat mengucapkan firman Allah dengan lembut sambil merasakan hadiratNya. Saat firman menjamah kita, saat itu juga kita menyentuh surga dan hati kita diubahkan. Kita dapat merasakan pribadi Tuhan lewat firman yang tertulis tersebut. Kita dapat berjumpa dengan karakter Tuhan lewat firman yang kita doakan. Nikmatilah hadirat firmanNya yang sangat menyentuh. Tinggallah di hadiratNya sampai perasaan hadiratNya memudar. Kalau perasaan hadirat Allah itu memudar, jangan tertuduh. Itu bukan berarti Allah marah dan meninggalkan kita. Ingat! Allah itu Maha hadir. Sebenarnya ia hadir, hanya tubuh kita yang terbatas memiliki kelemahan-kelemahan, juga pribadi kita tidak akan terus-menerus ”merasakan” hadiratNya, karena itu adalah sebuah dinamika. Ada waktu kita merasa Dia nyata, ada waktu kita merasa Dia kurang nyata. Segala sesuatu ada waktunya, kata Pengkhotbah. Kalau kita terus-menerus merasakan hadiratNya, maka kita tidak lagi mempunyai kasih yang aktif. Kasih harus disertai dengan pencarian. Allah mau membangun hubungan kasih dengan kita. Kadang-kadang Ia sengaja menyembunyikan diri agar kita mencarinya dan mendapatkannya.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita mempraktekkan mendoakan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
2.Agar melalui praktek mendoakan Firman Tuhan, Allah menyampaikan pesan ilahi dan hikmat, yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitar kita.

Pilihan lagu: FirmanMu Plita Bagi Kakiku, FirmanMu Tuhan Tiada Berubah

Mari kita hafalkan: I Timotius 4:8
"Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang."

2019-10-04T03:37:49+00:00