//Bahan Komsel Minggu IV Juli 2009

Bahan Komsel Minggu IV Juli 2009

BAGAIMANA CARA MENJADI PRIBADI YANG MEYAKINKAN?

Di dalam Alkitab, kita menemukan banyak pribadi yang Allah ubah menjadi pribadi yang meyakinkan, dari yang sebelumnya sama sekali tidak meyakinkan. Sebut saja nama Gideon, Musa, Abraham, Yakub, dan lain-lain. Apabila Anda ingin menjadi duta Kerajaan Allah yang efektif di komunitas Anda, maka Anda harus menjadi seorang pribadi yang meyakinkan. Bagaimana caranya?

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)

– Apa itu pribadi yang meyakinkan, menurut kata-kata Saudara sendiri?
– Apa yang menghalangi seseorang menjadi pribadi yang meyakinkan? (II Tim 1:7)
– Bagaimana cara menaklukkan penghalang itu? (Mat 10:28)
– Bagaimana cara mempraktekkan takut akan Allah? (Ams 16:6; Yes 55:8-9; Pkh 12:13-14)

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
– Apakah Anda sudah mempraktekkan benci dosa, atau masih ada dosa yang Anda simpan? Dosa apa?
– Apakah Anda lebih taat kepada firman Allah atau hal lain, seperti pikiran manusia, tradisi, adat-istiadat, filsafat dunia, dll?
– Apakah Anda terus belajar untuk selalu menyadari hadirat Allah sepanjang hari dalam hidup Anda? Ceritakan pengalaman Anda!

Rangkuman:
Seorang pribadi yang meyakinkan (boldness) adalah seorang yang yakin bahwa apa yang ia katakan dan lakukan adalah benar, tepat dan adil di dalam pandangan Allah (Kis 4:29). Itu artinya, ia berani, tidak takut kepada siapa pun, kecuali kepada Allah. Karena penghalang utama seseorang menjadi pribadi yang meyakinkan adalah ketakutan (fearfulness). Ketakutan hanya bisa ditaklukkan oleh ketakutan juga, karena ketakutan bukan hanya sekedar emosi, ketakutan adalah suatu roh. Satu-satunya kunci untuk menang atas ketakutan adalah menjadi takut akan Allah (Maz 118:6). Semakin kita takut akan Allah, kita akan semakin tidak takut kepada yang lain; sebaliknya, semakin kita takut kepada yang lain, itu artinya kita semakin tidak takut akan Allah. Ada 3 cara praktis, mempraktekkan takut akan Allah (disingkat BOS, yaitu Allah yang jadi BOS kita):
1.Benci dosa
2.Otoritas firman Allah sepenuhnya atas hidup kita
3.Sadar senantiasa akan hadirat Allah

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita menangkap esensi dan substansi mempraktekkan takut akan Allah untuk menjadi duta Kerajaan Allah yang efektif.
2.Agar Tuhan memakai kita untuk menjadi garam dan terang melalui kepribadian kita yang meyakinkan di dalam lingkungan komunitas kita.

Pilihan lagu: Tak Usah Ku Takut Allah Besertaku, Kekuatan Di Hidupku Ku Dapat Dalam Yesus.

Mari kita hafalkan: Matius 10:28
Dan janganlahkamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

2019-10-04T03:37:55+00:00