//Bahan Komsel Minggu IV Maret 2010

Bahan Komsel Minggu IV Maret 2010

ESTER RATU KECANTIKAN PAHLAWAN ALLAH

Ester seorang anak yatim piatu, hidup serba sederhana di bawah asuhan pamannya, Mordekhai. Ester tidak pernah berhubungan dengan kerajaan Persia, hingga ia memenangkan kontes kecantikan di istana dan dipilih raja menjadi istrinya. Ternyata Ester bukan hanya cantik penampilan luarnya, tetapi juga manusia batiniahnya, hingga ia menjadi alat di tangan Tuhan untuk mengubah nasib bangsanya. Mari kita bahas…

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
*
Mari kita baca Ester 2:9-23
* Coba diskusikan 4 kualitas karakter Ester yang luar biasa.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 4 kualitas karakter Ester, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 4 kualitas karakter Ester, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Mendatangkan kasih karunia Allah bagi orang-orang di sekitarnya (ayat 9).
Wajah Ester memancarkan kebaikan sehingga Ester menjadi kesayangan Hegai, pengasuhnya dan disukai gadis sekitarnya. Firman Tuhan mengajarkan agar para wanitanya Allah, harus memiliki roh yang lemah lembut dan tentram (I Pet 3:4).

2.Menguasai lidahnya (ayat 10 & 20).
Ia tidak membuka rahasia tentang latar belakangnya. Hal ini tidak mudah bagi seorang wanita (Ams 21:23). Ester merahasiakan asal usulnya walaupun sudah menjadi ratu.

3.Tunduk dan taat kepada otoritas (ayat 20).
Ia tetap berbuat menurut perkataan Mordekai seperti pada waktu dalam asuhannya, meskipun ia bisa saja lupa akan asal usulnya karena ia telah menjadi seorang ratu. Ia masih rendah hati dan menghormati Mordekhai.

4.Tidak mementingkan diri sendiri (ayat 22-23)
Bisa saja Ester mengambil kredit bahwa ia yang menemukan persekongkolan itu, untuk menarik perhatian dan kasih sayang raja, tetapi ia tidak melakukannya. Dengan Ester memberikan kredit kepada Mordekhai, maka Tuhan mengingatkan raja di kemudian hari akan jasa Mordekhai sehingga terjadi pembebasan orang Israel.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 4 kualitas karakter Ester yang luar biasa.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Jadikan Aku Bait SuciMu, Berkarya Nyata BagiMu.

Mari kita hafalkan: Ester 2:20
Adapun Ester tidak memberitahukan asal usul dan kebangsaannya seperti diperintahkan kepadanya oleh Mordekhai, sebab Ester tetap berbuat menurut perkataan Mordekhai seperti pada waktu ia masih dalam asuhannya.

2019-09-24T20:34:26+00:00