//Bahan Komsel Minggu IV Oktober 2009

Bahan Komsel Minggu IV Oktober 2009

ELIA BERSERAH TOTAL KEPADA ALLAHNYA

Elia ialah seorang nabi yang sungguh-sungguh bergantung sepenuhnya hanya kepada Allahnya. Perjalanan hidupnya diwarnai dengan pimpinan & penyediaan Allah secara langsung melalui cara-cara yang luar biasa, sehingga kuasa Allah dinyatakan melalui hidupnya dengan luar biasa pula. Padahal Elia ialah seorang manusia biasa, sama seperti kita (Yak 5:17).

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
Apakah Anda masih ingat kisah Elia, sejak ia diperintahkan Allah pergi ke sungai Kerit hingga ia mendahului Ahab pergi menuju Yizreel? Coba cari pasangan berdua-berdua, lalu saling ceritakan singkat dengan pasangan Anda dalam 5 menit! (I Raj 17-18)

Mari kita baca I Raj 17-18
Coba diskusikan 4 pelajaran penting yang Allah berikan pada Elia dimana ia sungguh-sungguh berserah total kepada Allah, yang menjadi teladan bagi semua orang percaya, sebagai duta Kerajaan Allah!

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
* Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 4 hal pelajaran Allah pada Elia, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 4 hal itu, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Pelajaran I: Sungai Kerit (I Raj 17:3-7)
Elia mentaati perintah Allah, dan menerima apa pun yang Allah sediakan baginya.

2.Pelajaran II: Sarfat (I Raj 17:8-24)
Sekali lagi Elia taat perintah Allah, bahkan dalam hal yang tidak masuk akal baginya. Ia mengalami mujizat dan mengalirkan kuasa mujizat Allah bagi orang lain.

3.Pelajaran III: Gunung Karmel (I Raj 18:20-40)
Elia bermegah di dalam Allah, yang ia sembah dan lagi-lagi berani taat melakukan firmanNya walaupun penuh dengan resiko yang sangat berbahaya.

4.Pelajaran IV: Puncak Gunung Karmel (I Raj 18:41-46)
Elia merendahkan hatinya di hadapan Allah (membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya), dan tetap terus percaya pada Allah bahwa hujan akan turun, walaupun hingga 7 kali apa yang dijanjikan Allah itu belum nampak. Ketaatan yang muncul dari iman yang luar biasa.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan kualitas teladan yang sudah ditunjukkan oleh Elia.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Ku Percaya Ku Percaya kan FirmanMu, Kubrikan Hatiku & Jiwaku
Mari kita hafalkan: Yak 5:17
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

2019-10-04T03:01:02+00:00