//Bahan Komsel Minggu V Januari 2010

Bahan Komsel Minggu V Januari 2010

PELAJARAN DARI PERSETERUAN YAKUB VS ESAU

Kisah hidup Yakub, sejak lahir hingga hari tuanya, penuh dengan pelajaran penting bagi kita orang percaya. Memang, Yakub ialah seorang tokoh yang hidupnya penuh dengan gejolak dan konflik, baik itu dari dalam dirinya sendiri ataupun dari luar. Kali ini kita akan bahas dalam hal permusuhannya dengan Esau…

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
Kej 27-33.
Coba diskusikan, hal apa yang secara pribadi, Anda pelajari dari perseteruan Yakub vs Esau?

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 poin pelajaran dari perseteruan Yakub vs Esau, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 poin pelajaran dari perseteruan Yakub vs Esau, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Apa pun yang kita lakukan dan ke mana pun kita melarikan diri, suatu saat kita harus mempertanggungjawabkan kembali apa yang telah kita perbuat. (Rom 14:10)
Yakub telah mengakali dan menipu Esau dan ayahnya untuk mendapat berkat, dan untuk itu ia harus membayar dengan pergi meninggalkan keluarganya. Tetapi ternyata tidak berhenti sampai di situ – Yakub di perantauan (di tempat Laban, pamannya) mengalami ketidakadilan. Ia harus bekerja keras, berulang kali dibohongi pamannya, dan ketika ia sudah mulai mapan – Laban dan putra-putranya menjadi tidak suka padanya. Ia dianggap menjadi kaya dari kekayaan Laban, sampai akhirnya Allah berfirman pada Yakub untuk kembali ke negeri nenek moyangnya, yang artinya kembali menjumpai Esau.

2.Betapa sering manusia mengejar sesuatu hanya untuk menyerahkannya kembali. (Ams 10:22)
Ketika Esau mendengar Yakub pulang, ia menyongsong Yakub dengan 400 pasukan. Yakub sangat ketakutan. Disuruhnya kambing dombanya berjalan duluan, disusul hamba-hambanya, lalu anak-anak dan istri-istrinya, baru ia sendiri yang berjalan di belakang. Saat ia sudah mendekat dengan Esau, ia bersujud tujuh kali. Yakub memberi hartanya kepada Esau demi menebus rasa bersalahnya, walau Esau tidak memintanya.

3.Lebih baik mencegah kehancuran suatu hubungan daripada ’mengobatinya’. (Rom 12:18)
Walau akhirnya Esau memaafkan Yakub, hubungan antara Yakub dan Esau tidak kembali menjadi rukun. Yakub tidak jadi pergi ke Seir (tempat tinggal Esau), tetapi memilih untuk menetap di Sukot. Bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, tetapi memang sangat sulit untuk memperbaiki hubungan yang sudah rusak.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 poin pelajaran dari perseteruan Yakub vs Esau.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Bagaikan Bejana, Kasih Pasti Lemah Lembut.

Mari kita hafalkan: Rom 12:18
Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

2019-09-27T18:02:52+00:00