//Bahan Komsel Minggu V Juni 2009

Bahan Komsel Minggu V Juni 2009

TRANSFORMASI PRIBADI

Perubahan sejati adalah perubahan yang dimulai dari diri kita sendiri. Bagaimana caranya supaya diri Anda benar-benar menjadi pribadi yang dapat diandalkan? Cara yang Alkitab ajarkan jauh berbeda dengan apa yang diajarkan oleh hikmat dunia. Bahkan bukan hanya jauh berbeda, tetapi bertolak belakang. Karena hikmat dunia mengajarkan untuk kita percaya akan kemampuan diri kita sendiri, percaya bahwa apa yang kita pikir bisa maka kita pasti bisa dan juga akan kekuatan potensi diri yang tidak terbatas. Tetapi Alkitab mengajarkan yang sebaliknya.

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)

Mari kita baca Rom 12:1-2.
– Mengapa Paulus menasihatkan kita untuk mempersembahkan tubuh kita?
– Bagaimana caranya mempersembahkan tubuh kita?
– Setelah mempersembahkan tubuh, bagaimana caranya agar kita bisa mengalami transformasi pribadi yang sejati?

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)

Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
Mari masing-masing kita bertanya pada diri kita sendiri, area mana dari hidup saya yang belum saya serahkan sepenuhnya pada tangan Tuhan? Mengapa?

Rangkuman:
Mempersembahkan tubuh bicara tentang penyerahan diri kita secara total kepada Tuhan. Mengapa tubuh, mengapa bukan roh atau jiwa? Karena jika kita hanya mempersembahkan roh atau jiwa, berarti kita tidak mempersembahkan tubuh. Tetapi jika kita mempersembahkan tubuh, berarti kita menyerahkan hidup kita sepenuhnya pada Tuhan, karena di dalam tubuh, terdapat roh dan jiwa. Cara untuk mempersembahkan tubuh adalah dengan mempraktekkan hukum pertukaran setiap hari (Gal 2:20), yaitu aku (ego) ‘mati’, Yesus yang hidup di dalam aku. Semakin besar penyerahan diri kita kepada Tuhan, semakin besarlah kuasa transformasi Kristus yang bekerja di dalam dan melalui kita. Setelah itu, barulah kita bisa benar-benar mengalami transformasi pribadi yang efektif, melalui perubahan paradigma (paradigm shift) yang terjadi setiap hari dalam hidup kita, melalui perenungan dan praktek kebenaran firman Allah yang berkuasa dahsyat. Pribadi seperti inilah yang menjadi pribadi yang benar-benar bisa diandalkan.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)

Pokok doa:
1.Agar setiap kita taat untuk mempersembahkan tubuh setiap hari.
2.Agar kebenaran ini tertanam dalam hati dan pikiran kita, dan kita bisa mempraktekkan kebenaran ini setiap hari, mulai hari ini sampai Tuhan Yesus datang kedua kalinya.

Pilihan lagu: Bapa Kupersembahkan Tubuhku, Kau Bukan Tuhan Yang Melihat Rupa.

Mari kita hafalkan: Roma 12:1
Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

2019-10-05T01:33:44+00:00