//Bahan Saat Teduh 1 – 5 Juni 2011

Bahan Saat Teduh 1 – 5 Juni 2011

Rabu, 1 Juni 2011

MAKSUD ABADI DISINGKAPKAN

M1 : MENERIMA FIRMAN
Bacalah Efesus 1:9-11 dengan hati yang haus dan disertai doa agar Tuhan memberi pengertian dalam renungan hari ini.

M2 : MERENUNGKAN FIRMAN
Bacalah Efesus 1:9-11 dengan teliti. Jawablah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Hal apakah yang telah dinyatakan oleh Allah kepada kita? (ayat 9).
2.Apakah isi rahasia kehendak Allah yang ingin dinyatakanNya? (ayat 10-11).

Isilah bagian yang kosong:
a.“Sebagai persiapan kegenapan waktu untuk. ……… ”. (ayat 10)
b.Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat …….. –kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan ………, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya. (ayat 11)

Menurut ayat-ayat di atas, ada sebuah Maksud Allah yang telah ada sebelumnya yang sekarang dinyatakan pada kita. Maksud tersebut adalah Maksud Abadi Allah. Allah menetapkan sebelumnya bahwa Kristuslah yang menjadi titik pertemuan sorga dan bumi. Suatu saat nanti, sesuai dengan kegenapan waktu, Allah akan mempersatukan segala sesuatu di sorga maupun di bumi, dalam Kristus. Segala sesuatu di sini berbicara tentang lingkup yang lebih luas, yaitu mencakup seluruh alam semesta.
Pada suatu saat nanti, alam semesta yang sudah rusak ini akan diperbarui melalui Kristus sebagai sumber (kepala)Nya. Namun, sebelum hal itu terjadi, maka Kristus harus terlebih dahulu menjadi kepala (sumber) dari umat pilihanNya atau tubuhNya (Efesus 1:4-6, 22-23). Oleh karena itu, melalui Kristus kita dapat bergabung dengan Allah Tritunggal. Kristus adalah penghubung kita untuk berhubungan dengan sumber hidup kita, yaitu Allah Tritunggal. Semua hal yang kita perlukan dalam hidup kita bersumber dari Allah Tritunggal. Mengapa? Karena memang dari semula Allah telah menetapkan bahwa manusia haruslah menjadi ekspresi Allah. Allah adalah sumber dan manusia adalah ekspresiNya.
Jadi, semua aktifitas hidup kita, entah kita belajar, bekerja, beristirahat, berkarya, melayani, berdoa, beribadah, berekreasi, dan aktifitas-aktifitas lain adalah ekspresi dari Allah Tritunggal yang menjadi sumber hidup kita.

PENDALAMAN PRIBADI & KELOMPOK:
Bacalah buku Build MY Home Bab 1 & 2.

 

2019-09-25T08:11:12+00:00