//Bahan Saat Teduh 1 – 7 Nov 2010

Bahan Saat Teduh 1 – 7 Nov 2010

Senin 01/11/10

Mengalahkan pencobaan

Bacaan Firman Tuhan hari ini : Lukas 4:1-12; Ibrani 4:12

M1 (Menerima)
Bacalah Injil Lukas 4 :1-13 dan Ibrani 4:12 dengan sikap hati yang berdoa.

M2 (Merenungkan)
1.Sebutkan 3 macam pencobaan yang dihadapi oleh Tuhan Yesus?(Luk 4:3,7,9).
2.Bagaimanakah cara Yesus menghadapi ketiga pencobaan tersebut? (Luk 4:4,8,12).
3.Apa yang terjadi setelah Iblis mencobai Tuhan Yesus? (Luk 4:13).

Mengapa Yesus gampang sekali mengalahkan Iblis? Karena ada kuasa dalam firman Allah. Mengapa firman Allah berkuasa? Karena firman adalah Allah sendiri (Yohanes 1:1). Itulah sebabnya rasul Paulus menjelaskan kekuatan firman, demikian, “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita,”(Ibrani 4:12). Semua orang yang percaya kepada Yesus diberikan kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (Yohanes 1:12). Setelah kita menjadi anak Allah, maka kita memiliki senjata ampuh untuk mengalahkan pencobaan: Firman Allah. Banyak orang percaya yang jatuh ke dalam pencobaan karena tidak menggunakan Firman Allah untuk mengalahkan Iblis. Untuk mengalahkan iblis yang mencobai kita, maka kita jangan memakai kekuatan sendiri, tetapi Firman Allah. Ketika kita memakai firman Allah, maka kita pasti memenangkan pertempuran atas pencobaan yang kita hadapi.

M3 (Melakukan)
1.Apakah kita senantiasa mempertajam pedang roh yang kita miliki dengan cara membaca, menghafalkan, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan?
2.Sudahkah kita memakai pedang roh / Firman Tuhan pada saat pencobaan datang?
3.Perkatakanlah firman Allah seperti Yesus pada saat Anda menghadapi pencobaan.

M4 (Membagikan)
Ceritakan kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll).

PENDALAMAN
MENGGALI LEBIH DALAM Matius 4:1-11
Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT
MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS Ibrani 4:1-13
Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti Ibrani 4:1-13.

2010-10-31T08:16:17+00:00