//Bahan Saat Teduh 12 – 18 Juli 2010

Bahan Saat Teduh 12 – 18 Juli 2010

Senin 12/07/10

DIDIDIK OLEH KASIH KARUNIA

PERENUNGAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Titus 2:11-15

M1 (Menerima)
Mari kita bersyukur kepada Kristus, Sang Anugerah yang sudah menebus kita dari segala dosa yang kita lakukan baik kemarin, hari ini dan waktu yang akan datang.

M2 (Merenungkan)
1. Apakah yang Kasih Karunia lakukan untuk kita, selain menyelamatkan manusia dari dosa? (ayat 11-12).
2. Untuk apakah Kristus rela menyerahkan diriNya kepada maut? (ayat 14)
3. Setelah membenarkan dan menguduskan kita, apa lagi yang Kasih Karunia lakukan untuk kita? (ayat 13b)

Kita sudah belajar tentang bagaimana kita hidup atau berjalan di dalam anugerah Tuhan. Tetapi pengajaran tentang Anugerah yang hanya menekankan soal pembenaran dan pemuliaan, membuat seseorang hanya berfokus pada pengampunan dosa dan penerimaan Tuhan tanpa syarat, yang akhirnya membuat seseorang tidak lagi berfokus kepada bagaimana membuat seseorang hidup kudus. Padahal pemahaman yang benar tentang anugerah adalah kita harus melepaskan diri kita dari segala kejahatan dan terus-menerus berjalan di dalam anugerah Tuhan yang sejati. Anugerah yang sejati ini terdiri dari 3 paket yang tidak dapat dipisahkan:
1. Pembenaran (Titus 2:11-12)
2. Pengudusan (Titus 2:12 dan 14)
3. Pemuliaan (Titus 2:13)
Jadi, jika Anda mau mengalami atau berjalan di dalam anugerah sejati, maka Anda akan menikmati kemerdekaan yang sesungguhnya dari Tuhan. Bagaimanakah sikap Anda sekarang? Apakah Anda mau hidup dalam anugerah yang sejati atau anugerah yang palsu?

M3 (Melakukan)
Buatlah rencana untuk meresponi 3 paket yang Sang Anugerah berikan pada kita dengan melakukan perbuatan yang kudus dan menyenangkan bagiNya hari ini.

M4 (Membagikan)
Ceritakan pada sahabat Anda, proses pendidikan Tuhan apa saja yang selama ini sudah Anda alami khususnya untuk hidup kudus.

PENDALAMAN

MENGGALI LEBIH DALAM Lukas 1:26-38.

Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT

MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS : Mazmur 29-30

Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti suratan Mazmur 29 – 30

2010-07-11T05:09:44+00:00