//Bahan Saat Teduh 13 – 20 Juni 2010

Bahan Saat Teduh 13 – 20 Juni 2010

Senin 14/06/10

VISI – MAKSUD – DISIPLIN

PERENUNGAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: 2 Petrus 1:3-7

M1 (Menerima)
Bacalah suratan 2 Petrus 1:3-7 dengan hati yang haus sambil berdoa.

M2 (Merenungkan)
1.Hal apakah yang telah dianugerahkan oleh kuasa IlahiNya di dalam kita? (ayat 3). Hal apakah yang telah dianugerahkan kepada kita dengan jalan itu? (ayat 4).
2.Hal apakah yang harus kita lakukan setelah kita mengetahui fakta dalam ayat 3-4 tersebut? (ayat 5a).
3.Temukan 7 hal yang harus ditambahkan kepada iman kita? (ayat 5b-7).

Iman adalah percaya bahwa Kristus telah berdiam di dalam diri kita. Iman juga percaya bahwa melalui kediamanNya, Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala kodrat IlahiNya untuk hidup kudus dan terluput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan. Namun, kita tidak cukup hanya memiliki iman. Hal selanjutnya yang perlu kita miliki adalah maksud yang sungguh-sungguh untuk menambahkan kepada iman 7 hal. Ketujuh hal tersebut disebut juga disiplin-disiplin rohani. Apabila kita memiliki ke-7 disiplin rohani tersebut, maka Kodrat Ilahi (Rupa Kristus) menjadi nyata di dalam hidup kita. Jadi, untuk memiliki rupa Kristus di dalam diri kita, diperlukan 3 hal yang disebut VMD (Visi – Maksud – Disiplin). Hal apapun yang kita inginkan di dalam hidup ini, seperti : belajar bahasa, skill olah raga, skill bisnis, dsb, hanya dapat terwujud melalui prinsip VMD. Contoh: apabila seseorang ingin belajar bahasa Inggris, maka hal pertama yang harus dimiliki adalah Visi. Sebab, visi membuat seseorang melihat apa kegunaannya bila ia belajar bahasa Inggris. Ia dapat melihat bahwa melalui belajar bahasa Inggris, ia akan lebih sukses dalam hidupnya. Namun, hal kedua yang perlu ia miliki adalah Maksud (yang disengaja) untuk mencapai visi tersebut dengan sebuah strategi. Nah, strategi tersebut adalah disiplin. Ia harus berdisiplin untuk belajar membaca buku, menghafal, latihan, dsb. Demikian pula di dalam hal yang rohani. Apakah Anda ingin memiliki rupa Kristus di dalam hidup Anda? Pertama-tama, Anda perlu memiliki visi. Anda perlu melihat bahwa Kristus telah memberikan semua kodrat IlahiNya ke dalam diri kita (2 Petrus 1:3-4). Namun, kodrat Ilahi tersebut hanya dapat termanifestasi ke dalam tindakan nyata, bila kita memiliki maksud (yang disengaja) untuk mewujudkan iman tersebut dengan sebuah strategi (2 Petrus 1:5a). Strateginya adalah mempraktekkan disiplin-disiplin rohani (2 Petrus 1:5b-7):
1.Kebajikan (moral seperti Kristus).
2.Pengetahuan (moral menjadi pencerahan).
3.Penguasaan diri (moral merembes ke dalam sikap hati).
4.Ketekunan (moral menjadi kebiasaan).
5.Kesalehan (moral menjadi karakter).
6.Kasih akan saudara-saudara (kasih persaudaraan terwujud).
7.Kasih akan semua orang (kasih Kristus / Agape terwujud).

M3 (Melakukan)
Bagaimana caranya saya mempraktekkan kebenaran-kebenaran baru yang saya peroleh dari bacaan di atas.

M4 (Membagikan)
Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll).

PENDALAMAN

MENGGALI LEBIH DALAM 2 Petrus 1:3-15.

Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT

MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS : Ibrani 1-2

Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti suratan Ibrani 1-2.

2010-06-12T02:56:30+00:00