//Bahan Saat Teduh 14 – 20 Nov 2011

Bahan Saat Teduh 14 – 20 Nov 2011

Sabtu, 19/11/2011

PERUBAHAN VS PERTUKARAN

Bacaan Firman
Baca Galatia 2:19-20

Pertanyaan Renungan
1. Bagaimanakah hubungan Paulus terhadap hukum Taurat? (ayat 19).
2. Bagaimanakah cara hidup Paulus? (ayat 20).

Penyebab mengapa banyak orang Kristen benar-benar tidak mengalami kemenangan di dalam pertumbuhan rohani adalah karena cara hidup yang keliru. Banyak orang Kristen masih terpengaruh oleh cara hidup yang lama, yaitu berusaha hidup bagi Kristus dengan kekuatannya sendiri. Hidup bagi Kristus sebagai motif tidaklah salah, namun hidup bagi Kristus sebagai cara hidup adalah salah. Kita bukan hidup bagi Kristus, tetapi membiarkan Kristus yang hidup dalam kita. Apabila kita mencoba hidup bagi Kristus, maka kitalah yang hidup. Jikalau kita yang masih hidup, maka kitalah yang menjalankan kehidupan kita.
Orang yang hidup bagi Kristus dengan kekuatannya sendiri akan berusaha untuk meniru Kristus. Agar menjadi serupa dengan Kristus, mereka mengadakan perubahan. Mereka harus berubah agar dapat hidup seperti Kristus. Inilah kekeliruan terbesar banyak orang Kristen. Kita tidak mungkin lagi mengalami perubahan / transformasi. Allah tidak tertarik untuk mengubah kita, Ia mengakhiri hidup lama kita. Ia membunuhnya di kayu salib. Kalau begitu, kekristenan bukanlah suatu perubahan, tetapi suatu pertukaran. Kita bertukar dari “saya yang hidup” kepada “Kristus yang hidup.” Memang kita masih berperan, yaitu membiarkan Allah mengekspresikan diriNya, melalui roh, jiwa, dan tubuh kita.

Renungan Firman :
Perubahan apakah yang masih menjadi pergumulan Anda selama ini? Menurut Anda, apakah Anda lebih sering mengusahakannya dengan kekuatan sendiri atau mengijinkan Kristus hidup di dalam Anda?

2011-10-29T03:14:20+07:00