//Bahan Saat Teduh 15 – 21 Agustus 2011

Bahan Saat Teduh 15 – 21 Agustus 2011

Senin, 15 Agustus 2011

PERTUKARAN YANG RADIKAL (bagian 1)

Bacaan Firman
Galatia 2:19-20 & Roma 6:1-7

Merenungkan Firman
Di minggu-minggu sebelumnya kita telah berlatih untuk tidak lagi hidup dengan kekuatan diri kita sendiri, namun mengizinkan Kristus yang menjalankan hidup kita. Beberapa hari ini kita akan melihat lebih jelas proses yang Kristus kerjakan dalam hidup kita agar hal ini terjadi.

Seperti Paulus, saat kelahiran baru kita sebenarnya mengalami suatu pertukaran hidup. Hidup kita ditukar dengan hidup Kristus. Proses pertukaran ini terjadi dalam 3 tahap, dan yang pertama adalah kematian kita melalui salib Kristus. Kristus mati bukan untuk diriNya sendiri, namun Ia mati agar hidup kita yang lama ikut mati bersamaNya. Mengapa hidup kita yang lama perlu mati? Karena ia tidak dapat memenuhi tuntutan kebenaran, sedangkan Allah ingin “saling tinggal” dengan kita dalam Kebenaran. Satu-satunya cara adalah jika hidup kita yang lama mati. Inilah yang terjadi di kayu salib. Salib Kristus mematikan hidup kita yang lama.

Masalahnya sekarang, apakah hidup kita yang sekarang berjalan sesuai dengan kebenaran ini? Apakah hidup kita yang lama ini benar-benar sudah mati? Jika kita masih berusaha hidup dengan kekuatan kita sendiri, berjuang mencapai kebenaran dengan kesanggupan, pengertian dan cara-cara kita sendiri, ini artinya kita sedang berusaha membangkitkan kembali hidup kita yang lama. Berhentilah melakukannya. Kita tidak akan mungkin berhasil melakukannya, karena memang Kristus telah mematikannya di kayu salib.

Pertanyaan Renungan
1. Hari-hari ini, apakah Anda sedang berjuang untuk melakukan suatu kebenaran tertentu? Berhasilkah Anda melakukannya?
2. Menurut Anda, dalam melakukan kebenaran itu, apakah Anda sedang berjuang menggunakan hidup Anda yang lama atau Anda telah mengizinkan Kristus yang bekerja dalam hidup Anda?


2011-07-30T04:08:59+00:00