//Bahan Saat Teduh 15 – 21 Des 08

Bahan Saat Teduh 15 – 21 Des 08

Image

Senin 15/12/08

WASPADA DAN BERJAGA-JAGA

Bacaan Firman Tuhan hari ini: I Petrus 5:1-11

M1(Menerima):
Di pulau Timor, banyak pemburu yang menggunakan anjing pemburu untuk menangkap rusa dan babi hutan. Cara menangkap binatang buruan ini juga terbilang agak rumit. Jika rusa atau babi hutan yang selalu waspada, maka ia akan selamat dari para pemburu yang memburunya. Biasanya pagi-pagi benar, rusa atau babi hutan akan mencari makan dengan lahapnya tanpa memperhatikan bahwa ada anjing pemburu yang dilepaskan oleh para pemburu untuk menangkapnya. Ketika rusa atau babi hutan makan rumput atau dedaunan dengan santai tanpa waspada atau berjaga-jaga, maka dengan tiba-tiba anjing akan menyergap dan menangkapnya, sehingga ia akan terbunuh. Tetapi, jika rusa atau babi hutan yang selalu waspada, maka biasanya mereka selalu meloloskan diri dari buruan anjing pemburu, sehingga selamat. Hal yang sama, Kitab Suci mengajarkan kepada kita untuk selalu waspada dan berjaga-jaga terhadap setan dan roh-roh jahat yang berjalan keliling seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 4M minggu ini akan menuntun kita untuk melihat peringatan-peringatan yang diberikan oleh Yesus kepada kita. Dengan demikian, kita akan selalu waspada terhadap setiap hal yang akan terjadi dan menyikapinya dengan cara bijaksana.

M2(Merenungkan):
1.Apa kata Simon Petrus kepada para pemimpin Kristen untuk menjaga kawanan domba Allah? (ayat 1-2). Mengapa Petrus berkata seperti itu? (ayat 3-4).
2.Agar waspada dan berjaga-jaga, apa yang harus kita lakukan? (ayat 5a). Mengapa? (ayat 5b).
3.Bagaimana caranya kita berwaspada? (ayat 6-9). Apa jaminannya? (ayat 10).

M3(Melakukan):
Sudahkah Anda berwaspada dan berjaga-jaga selama ini? Tuliskan langkah-langkah praktis Anda untuk selalu berjaga-jaga terhadap tipu muslihat iblis.

M4(Membagikan):
Bagikan kepada 3 orang rekan Anda tentang apa yang Anda dapatkan melalui perenungan 4M hari ini.

Pokok doa hari ini:
Doakan orang-orang Kristen untuk selalu waspada dan berjaga-jaga agar tidak jatuh ke dalam pencobaan.

Ayat hafalan minggu ini:

2008-12-13T00:18:53+00:00