//Bahan Saat Teduh 15 – 21 Mei 2011

Bahan Saat Teduh 15 – 21 Mei 2011

Minggu, 15 Mei 2011

CARA MENGEKSPRESIKAN ALLAH (I.D.E.)

M1 : MENERIMA FIRMAN
Bacalah Kolose 3:1-3, 5 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

M2 : MERENUNGKAN FIRMAN
Bacalah Kolose 3:1-3, 5 dengan teliti dan jawablah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Bila kita sudah dibangkitkan bersama dengan Kristus, hal apakah yang harus kita lakukan? (ayat 1-2)
2.Mengapa kita melakukan hal-hal di atas? (ayat 3)
3.Bila kita telah melakukan hal-hal di atas, hal apakah yang dapat kita matikan? (ayat 5)

Kristus datang supaya kita memperoleh kehidupan yang kekal dan berkelimpahan. Tetapi, kehidupan itu tidak dapat dialami bila kita tidak mengetahui dimana sumber kehidupan itu berada. Ternyata, sumber kehidupan kita berada di atas (di alam roh), dimana Allah Tritunggal itu berada. Hidup kita tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah. Dari beberapa ayat ini, kita dapat mempraktekkan cara mengalami kehidupan baru itu. Praktekkanlah 3 langkah : I.D.E.
Langkah 1 : Iman
Kita harus percaya bahwa Kristus telah persatukan kita dengan Allah Tritunggal. Dengan kata lain, kita percaya bahwa melalui Kristus, Allah Tritunggal telah berada di dalam dan di antara kita. Iman inilah yang membuat Allah senang dan betah berdiam bersama dengan kita.

Langkah 2 : Dialog
Bila kita percaya bahwa kita telah bersatu dengan rumah Allah yang di atas, maka langkah selanjutnya adalah mencari perkara-perkara yang di atas. Perkara yang di atas artinya berkaitan dengan aktifitas-aktifitas Allah Tritunggal di dalam rumahNya. Caranya adalah melalui dialog dengan Allah. Kita dapat melakukan dialog dengan Allah melalui 3 indera: penglihatan, pendengaran, dan perasaan rohani (intuisi) (Matius 13:14-16). Dengan berdialog kita dapat mengetahui :
Apa yang Allah Tritunggal pikirkan untuk kita dan melalui kita (kebenaranNya)?
Apa yang Allah Tritunggal ingin lakukan untuk kita dan melalui kita (kuasaNya)?
Apa karakter-karakter Allah Tritunggal yang ingin diekspresikanNya di dalam dan melalui kita (kasihNya)?

Langkah 3 : Ekspresikan
Setelah berdialog dan menemukan perkara-perkara yang di atas, maka langkah ke-3 adalah mengekspresikannya dalam kehidupan. Ketika kita telah melihat dari atas bahwa sebenarnya kita telah mati bersama Kristus, maka fakta kematian tersebut dapat diekspresikan dalam kenyataan hidup (Kolose 3:5).
Allah akan mengekspresikan melalui kita: kasihNya (karakter-karakterNya), kebenaranNya (pikiran-pikiranNya) dan kuasaNya.

2011-04-29T06:36:48+00:00