//Bahan Saat Teduh 15 – 21 Sep 2008

Bahan Saat Teduh 15 – 21 Sep 2008

Image

Senin 15/09/08

IMAN DAN PERBUATAN

Bacaan Firman Tuhan hari ini: Yakobus 2:14-26

M1(Menerima):
Seorang guru agama dan seorang pembuat sabun berjalan bersama-sama. Pembuat sabun ini berkata,” Apa manfaatnya agama? Lihat betapa banyaknya kesusahan dan penderitaan di dunia! Masih tetap ada bahkan setelah bertahun-tahun diajarkan tentang kebaikan, kebenaran dan kedamaian. Tetap ada walaupun sudah dipanjatkan doa-doa, diberikan kotbah dan pengajaran. Jika agama baik dan benar, mengapa semua terjadi seperti sekarang?” Guru agama itu tidak berkata apa-apa. Mereka terus berjalan sampai mereka menyaksikan seorang anak sedang bermain-main di selokan. Kemudian guru agama itu berkata,”Lihat anak kecil itu. Engkau berkata bahwa sabun bisa membuat orang bersih, tetapi lihat kotoran pada anak itu. Apa gunanya sabun? Sudah bertahun-tahun sabun ada di dunia, tetapi anak kecil itu tetap kotor. Saya meragukan seberapa efektifnya sabun.” “Tetapi guru,” protes pembuat sabun itu, “sabun tidak bisa bermanfaat kalau tidak dipakai!” “Tepat sekali.” Jawab guru itu. (Secangkir Sup Bagi Jiwa Anda)

Iman tanpa perbuatan adalah mati. Perbuatan yang ditambahkan kepada iman akan membuat iman menjadi aktif. Kebenaran dan disiplin rohani hanya bermanfaat bagi mereka sepanjang itu diterapkan dalam hidup mereka.

M2(Merenungkan):
1.Perumpamaan apa yang digunakan oleh Yakobus sebagai penjelasan dari iman dan perbuatan? (ayat 15-16) Apa yang anda lakukan jika hal tersebut terjadi pada anda?
2.Bagaimanakah iman tanpa disertai dengan perbuatan? (ayat 17)
3.Apa yang terjadi saat iman bekerja sama dengan perbuatan? (ayat 22)

M3(Melakukan):
Tuliskanlah hal-hal yang baru yang anda dapatkan pada perenungan firman hari ini!

M4(Membagikan):
Bagikan kepada 3 orang rekan anda tentang hal-hal baru tersebut.
1.
2.
3

Pokok doa hari ini:
Doakanlah keluarga Anda agar mereka pun bertindak dengan iman untuk mengalami mukjizat Allah.

Ayat hafalan minggu ini:
“….Iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.” (Yakobus 2:26)

 

2008-09-13T22:13:47+00:00